KPU Tabanan Tunggu Keputusan Resmi Soal Penundaan Pilkada 2020

KPU Tabanan menyatakan hingga saat ini masih menunggu keputusan resmi KPU RI terkait penundaan pelaksanaan Pilkada 2020

KPU Tabanan
Salah satu kegiatan KPU Tabanan yakni pelantikan PPK, belum lama ini. KPU Tabanan Tunggu Keputusan Resmi Soal Penundaan Pilkada 2020 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Pilkada 2020 yang rencananya digelar 23 September mendatang bisa saja diundur jika kondisi dan situasi wabah ini masih berlangsung.

KPU RI telah merencanakan tiga opsi jika Pilkada 2020 ditunda.

Terkait hal tersebut, KPU Tabanan menyatakan hingga saat ini masih menunggu keputusan resmi KPU RI terkait penundaan pelaksanaan Pilkada 2020.

Namun, selama ini yang sudah ditunda adalah beberapa tahapannya.

"Yang sudah ditunda adalah beberapa tahapannya. Kalau pelaksanaan Pilkada serentak masih tetap dijadwalkan 23 September 2020. Tapi KPU RI kan sudah mengeluarkan tiga opsi, yakni digelar 9 Desember 2020. Opsi kedua dilaksanakan di bulan Maret 2021, dan opsi ketiga di 29 September 2021. Nah yang mana nanti akan memungkinkan masih dibicarakan di pusat," kata Ketua KPU Tabanan, I Gede Putu Weda Subawa, Jumat (17/4/2020).

Menurut Weda, pihaknya di kabupaten merupakan eksekutor yang hanya melaksanakan perintah KPU RI.

Meskipun Pilkada 2020 dilaksanakan di kabupaten, tapi untuk regulasi tetap jadi satu karena disesuaikan dengan UU Nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota.

"Tapi jika nanti ada perubahan, misalnya menggunakan opsi pertama (bulan, maka beberapa tahapan akan diaktifkan kembali bulan Juni depan. Sekarang masih semacam dibekukan lah kegiatan pilkada ini. Kemudian untuk ditundanya pilkada masih belum pasti, baru wacana saja karena masih ada beberapa pertimbangan mungkin," kata Weda.

(*)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved