Breaking News:

Soal Penggunaan APBDes untuk Penanganan Covid-19, Kejari Gianyar Beri Sosialisasi Pendampingan Hukum

Melalui telekonferensi, Kejaksaan Negeri (Kejari) Gianyar kembali memberikan pendampingan hukum, pada seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Gianyar

Istimewa
Suasana telekonferensi sosialisasi pendampingan hukum penggunaan APBDes untuk penanganan covid-19, Kamis (16/4/2020) 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Melalui telekonferensi, Kejaksaan Negeri (Kejari) Gianyar kembali memberikan pendampingan hukum, pada seluruh Kepala Desa se-Kabupaten Gianyar terkait pengelolaan dana desa dalam rangka percepatan penanganan pandemic Covid-19, Kamis (16/4/2020).

Telekonferensi dipimpin langsung Kejari Gianyar, Agung Mardiwibowo.

Kejari Gianyar, Agung Mardiwibowo mengatakan, sosialisasi pendampingan hukum terkait percepatan penanganan Covid-19 kepada perbekel se-Kabupaten Gianyar ini dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri Gianyar sebagai bentuk pelaksanaan Surat Edaran Jaksa Agung Nomor : 07 Tahun 2020 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Pendampingan Terhadap Refocusing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) serta sebagai realisasi Nota Kesepahaman (MoU) yang telah ditandatangani antara Perbekel dengan Kejaksaan Negeri.

Tiga Pasien Covid-19 Sembuh, RSUD Klungkung Kini Tinggal Rawat Seorang Pasien

Ortu di Jember Ini Terkejut Anaknya yang Siswa SMK Terjaring Razia Nyambi Jadi Waria

Pers Asing Soroti Fenomena Minimnya Kasus Covid-19 di Bali Hingga Dampaknya Bagi Pariwisata

Untuk itu, melalui telekonferensi ini diimbau agar kepala desa dalam memanfaatkan dana desa selalu berkordinasi dengan Satgas Covid-19 Kabupaten Gianyar yang diketuai Bupati Gianyar, I Made Mahayastra.

“Jangan ragu memberikan pelayanan kepada masyarakat, asalkan prosedur dan aturan dilaksanakan. Jangan coba-coba melakukan penyelewengan dalam situasi seperti ini, karena mempunyai iplikasi hukum” tegas Agung Mardiwibowo.

Mardiwibowo menambahkan, agar apapun perkembangan di masyarakat tentang pandemi Cobid 19 agar segera dilaporkan ke gugus tugas agar tidak menjadi polemik.

Siswa SMA di Solo Ini Tertangkap Curi Pakaian Dalam Wanita, Warga Kesal Paksa Pelaku Memakainya

46 Dokter dan Tenaga Medis RS Kariadi Semarang Positif Covid-19; Ganjar Pranowo: Memilukan!

AHY Tunjuk Putri Wapres Maruf Amin Jabat Wasekjen Partai Demokrat

Sehingga, dengan kordinasi yang baik pemanfaatan dana desa dalam upaya percepatan penanganan Covid-19 dapat terlaksana dengan baik.

Dalam situasi seperti ini, agar tetap dilaksanakan tertib administrasi dan tertib keuangan agar tidak terjadi masalah hukum di kemudian hari.

Perbekel Desa Melinggih, I Nyoman Surata mengatakan, kegiatan telekoferensi ini merupakan langkah yang sangat baik dilakukan Kejari Gianyar.

Dikatakan, sosialisasi pendampingan hukum ini merupakan support bagi pemerintahan desa dalam melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat.

Sepulang dari Brasil, Perempuan Buleleng Ini Positif Terinfeksi Covid- 19

Dengan Kampanye Sosial #BersamaIsuzu, Isuzu Ajak Masyarakat Berkontribusi untuk Terdampak Covid-19 

Tiga Camat di Buleleng Berebut Jabatan Kepala Dinas Kebudayaan, Bupati Segera Memilih

“Kegiatan ini menjawab keragu-raguan kita di desa dalam melaksanakan kegiatan terkait percepatan penanganan pencegahan Covid 19,” kata Surata.

Kasi Datun Kejari Gianyar, Martina mengatakan, pemanfaatan dana desa dalam hal pengadaan barang atau jasa terkait penanggulangan Covid-19 tetap mengacu peraturan perundang-undangan terkait serta memperhatikan Instruksi Bupati Gianyar No 140/928/DPMD/2020 tentang Percepatan Penanganan dan Pencegahan Penularan Covid-19 di Desa/Kelurahan se-Kabupaten Gianyar serta Petunjuk Teknis No 140/934/DPMD/2020 tentang Penegasan Padat Karya Tunai (PKTD) dan Desa Tanggap Covid-19 Berskala Lokal Desa serta Penyusunan Perubahan Peraturan Desa Tentang Perubahan APBDes Tahun 2020.

Dalam pemberian pendampingan hukum terkait Penggunaan Anggaran Dalam Percepatan Penanganan Penyebaran Covid-19, Kejaksaan Negeri Gianyar akan bersikap aktif dalam melakukan koordinasi dengan pemerintah Kabupaten Gianyar termasuk juga dengan para Perbekel. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved