Breaking News:

Virus Corona

Cegah Penularan Corona, Otoritas Arab Saudi: Shalat Tarawih & Shalat Idul Fitri Dilakukan di Rumah

Merespon masih mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di wilayah Arab Saudi, otoritas setempat mengeluarkan sejumlah kebijakan menjelang bulan puasa

Editor: Ady Sucipto
kompas.com
Ilustrasi shalat tarawih 

TRIBUN-BALI.COM - Merespon masih mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di wilayah Arab Saudi, otoritas setempat mengeluarkan sejumlah kebijakan menjelang bulan puasa ramadan 2020

Selama puasa di bulan Ramadhan 2020, Kementerian Urusan Islam, Dawah dan Bimbingan Arab Saudi mengumumkan jika pelaksanaan Shalat Tarawih hanya akan dilakukan di rumah. 

Hal itu mengingat penangguhan shalat di masjid tidak akan dicabut hingga akhir pandemi virus corona berakhir.

Surat kabar Al Riyadh mengutip Dr. Abdul Latif Al Sheikh, Menteri Urusan Islam Saudi mengatakan, penangguhan shalat lima waktu di masjid lebih penting daripada penangguhan shalat Tarawih.

"Kami meminta kepada Allah SWT untuk menerima doa Tarawih apakah diadakan di masjid, atau di rumah, yang kami pikir lebih baik untuk kesehatan masyarakat. Kami meminta kepada Allah SWT untuk menerima doa dari kita semua dan melindungi umat manusia dari epidemi yang melanda seluruh dunia," ujar Al Sheikh seperti dikutip dari Gulfnews, Sabtu (18/4/2020).

Sementara itu, Grand Mufti Arab Saudi Sheikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Muhammad al-Sheikh, otoritas keagamaan tertinggi di Arab Saudi juga mengatakan, warga Arab Saudi diminta melaksanakan shalat Tarawih dan shalat Idul Fitri di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pernyataan itu sekaligus menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan oleh Kementerian Urusan Islam Arab Saudi terkait denga pelaksanaan ibadah di bulan Ramadhan di tengah pandemi virus corona.

"Terkait dengan kebijakan peniadaan shalat Tarawih di masjid tahun ini untuk mencegah penyebaran virus corona, maka shalat Tarawih dilakukan di rumah" kata Sheikh Abdul Aziz, dilansir dari Sky News Arabia.

"Telah ditetapkan bahwa Nabi Muhammad melakukan shalat ini di rumah. Perlu diketahui bahwa shalat Tarawih hukumnya sunnah, bukan wajib," sambungnya.

Shalat Id

Halaman
123
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved