Breaking News:

DLHK Badung Lakukan Tender Jasa Konsultasi Perencanaan Pembangunan TPST 3R Kelurahan

Rencana pembangunan TPST di Badung, dengan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) khususnya di tingkat kelurahan terus dimatangkan

Istimewa
Mesin incinerator yang baru dirancang Pemkab Badung di TPST Mengwitani dengan menggunakan pembakaran gas LPG. DLHK Badung Lakukan Tender Jasa Konsultasi Perencanaan Pembangunan TPST 3R Kelurahan 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Rencana pembangunan Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di Badung, dengan konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) khususnya di tingkat kelurahan terus dimatangkan.

Pada tahap awal, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Badung menenderkan jasa konsultasi perencanaan pembangunan.

Pembangunan TPST tersebut diutamakan pada tingkat kelurahan, dengan alasan desa sudah memiliki dana sendiri, dengan nilai anggaran sekitar Rp 800 juta.

Dalam dokumen tender di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE), DLHK Badung telah membuka tender sejak 13 April 2020 lalu, dan akan resmi ditutup 27 April 2020 mendatang.

Sejauh ini sudah ada 13 rekanan yang mengajukan pendaftaran.

Kepala DLHK Badung I Wayan Puja mengatakan, meski di tengah wabah virus Corona atau Covid-19, persiapan pembangunan TPST 3R khususnya di tingkat kelurahan tidak bisa dikesampingkan.

Pihaknya tetap berupaya semaksimal mungkin mempersiapkan diri, terlebih sesuai target bupati, tahun 2021 mendatang Badung sudah mandiri pengelolaan sampah.

"Iya, kalau untuk di desa kan, sudah punya anggaran sendiri, jadi difokuskan yang di kelurahan dulu," katanya, Minggu (19/4/2020).

Jasa konsultasi perencanaan pembangunan TPST 3R ini, kata Wayan Puja, untuk menyusun desain TPST 3R yang akan dibangun di 16 kelurahan di Badung.

TPST 3R ini, jelas Wayan Puja, mengusung konsep tempat pengolahan sampah pada umumnya, namun akan didesain sejak tingkat rumah tangga, agar sampah sebisa mungkin sudah terpilah sebelum dibawa ke TPST 3R.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved