Corona di Bali

Cegah Penyebaran Covid-19, Personel Polres Gianyar Dibekali Latihan Penggunaan APD

Selain tenaga medis sebagai garda terdepan penanggulangan Covid-19, polisi juga dibekali pengetahun pencegahan penyebaran Covid-19

Polres Gianyar
Personel Polres Gianyar melaksanakan pelatihan tata cara penggunaan dan pelepasan Alat Pelindung Diri (APD), Rabu (22/04/2020), di Lobi Polres Gianyar. Cegah Penyebaran Covid-19, Personel Polres Gianyar Dibekali Latihan Penggunaan APD 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Nyoman Mahayasa

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Selain tenaga medis sebagai garda terdepan penanggulangan Covid-19, polisi juga dibekali pengetahun pencegahan penyebaran Covid-19.

Salah satunya dengan melaksanakan pelatihan tata cara penggunaan dan pelepasan Alat Pelindung Diri (APD), dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas penanganan Covid-19 dan memutus rantai penyebaran virus corona di Gianyar.

Pelatihan penggunaan APD tersebut dilaksanakan bersama Kaur Kesehatan Polres Gianyar, Rabu (22/04/2020), di Lobi Polres Gianyar.

Hal ini dilakukan sesuai perintah Kapolres Gianyar AKBP I Dewa Made Adnyana.

"Polres Gianyar dan jajajarannya harus memiliki kemampuan menggunakan APD secara benar sehingga terhindar dari penularan Covid-19 saat melaksanakan tugas di lapangan, dalam penanganan masyarakat yang terkena Covid-19," katanya.

Tata cara penggunaan dan pelepasan APD tersebut disampaikan langsung Kaur Kesehatan Polres Gianyar Aiptu Pande Suteja.

Ia mempraktekan cara penggunaan APD dan menjelaskan bagian-bagian APD, yang terdiri dari masker, baju khusus, sepatu boot, pelindung mata, sarung tangan bedah, penutup kepala dan apron.

Kabag Ops Polres Gianyar Kompol I Wayan Latra menuturkan, saat ini penyebaran Covid-19 di Indonesia semakin luas, sehingga perlu diberikan materi penggunaan APD agar setiap personel Polres Gianyar lebih mengerti tentang APD dan cara pemakaiannya jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk mengevakuasi atau membantu masyarakat Gianyar yang terpapar Covid-19.

"Penggunaan APD saat mengevakuasi dan membantu masyarakat yang tertular Covid-19 sangat diperlukan karena dapat terhindar dari penularan Covid-19," pungkasnya.

Cara mencuci baju (coverall) APD, pertama cuci dengan air hangat 40 derajat Celcius, kemudian pakai detergen tanpa kandungan pemutih, lalu dikeringkan dengan dijemur atau dryer kekuatan low di bawah 80 derajat Celcius, dan disetrika dengan tingkat panas sedang kemudian disimpan.

"Bisa dicuci hingga sampai 10 kali untuk performa optimal, " tegasnya Kaur Kesehatan.

Penulis: I Nyoman Mahayasa
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved