Corona di Bali

Sejumlah Bus AKAP Ditahan di Jembrana, Tidak Boleh Nyeberang ke Luar Bali

Pasca turunnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020, sejumlah bus antar kota dan antar provinsi ditahan oleh aparat di Negara, Jembrana

Tribun Bali/I Wayan Erwin Widyaswara
Sejumlah bus ditahan di Negara, Jembrana, Bali, Jumat (24/4/2020) sore. Bus yang datang dari terminal mengwi itu rencananya akan menyeberang ke Jawa melalui Pelabuhan Gilmanuk. Sejumlah Bus AKAP Ditahan di Jembrana, Tidak Boleh Nyeberang ke Luar Bali 

TRIBUN-BALI.COM, JEMBRANA - Pasca turunnya Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020, sejumlah bus antar kota dan antar provinsi (AKAP) ditahan oleh aparat di Negara, Jembrana, Bali, Jumat (24/4/2020).

Bus yang membawa penumpang dari Terminal Mengwi, Badung, Bali, tersebut rencananya akan menyeberang ke luar pulau Bali melalui Pelabuhan gilimanuk. 

"Bus kami ditahan oleh aparat. katanya tidak boleh lagi melakukan penyeberangan ke luar pulau. Saat ini masih negosiasi dengan aparat," kata salah satu staf Perusahaan Otobus (PO) Fatiah, di Terminal Mengwi, kepada Tribun Bali, Jumat (24/4/2020).

Informasi dari sopir dan kernet yang mengantar penumpang, Fatiah menyebut mereka rencananya diizinkan menyeberang hari ini saja.

Sabtu (25/4/2020) besok, tidak ada lagi bus yang boleh mengantarkan pemudik ke luar Bali.

"Kami tidak ada diberitahu sebelumnya bahwa ada larangan. Kalau mendadak begini kan susah. Masak harus balik lagi ke Mengwi mereka," kata Fatiah.

Saat ini Fatiah masih terus berkoordinasi dengan sopirnya agar aparat mengizinkan pihaknya tetap menyeberang hari ini. 

Untuk diketahui, Kementerian Perhubungan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tentang  Pengendalian Transportasi Selama Mudik Idul Fitri dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Dalam Pasal 1 PM tersebut, dijelaskan transportasi darat, udara, laut dan perkeretaapian.

Dalam pasal 2 disebutkan larangan tersebut berlaku untuk wilayah yang menerapkan kebijakan PSBB, dan wilayah yang ditetapkan zona merah Covid-19.

(*) 

Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved