Lima Penyeberang dari Jawa ke Bali Terindikasi Positif Corona, Tiga Disuruh Balik

Tiga orang warga Jawa Timur, sesuai protap penanganan Covid- 19 Bali, langsung dipulangkan ke daerah asal setelah hasil rapid test terindikasi corona.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana
Tim Gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana memantau Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali, Minggu (19/4/2020) malam hari. 

TRIBUN-BALI.COM, NEGARA - Gugus Satgas Percepatan Penanganan Covid- 19 Jembrana memulangkan tiga orang asal Jawa Timur yang masuk ke Bali.

Hal itu diketahui dalam pengecekan pengawasan pintu masuk Gilimanuk, yang dipimpin Sekda Jembrana I Made Sudiada bersama Kapolres AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa dan Dandim 1617/ Jembrana Letkol Kav Jefri Marsono Hanok, Sabtu (25/4/2020) dini hari.

Dari hasil pemeriksaan tim medis, ditemukan lima penumpang positif melalui pemeriksaan rapid test.

Tiga orang warga Jawa Timur, sesuai protap penanganan Covid- 19 Bali, langsung dipulangkan ke daerah asal.

Sedangkan dua orang ber-KTP Bali, seorang dari Jembrana dan seorang dari Denpasar, sudah dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani isolasi dan perawatan.

Tim melakukan pengecekan pada dini hari karena pengawasan di Gilimanuk sangat penting sebagai kawasan yang berisiko dalam penyebaran Covid- 19.

"Sengaja kita cek langsung dini hari untuk memonitoring langsung kedisiplinan petugas terpadu, melaksanakan pemeriksaan sesuai SOP. Mulai dari pengecekan dan pengawasan terhadap warga yang masuk ke Bali agar tetap berjalan sesuai protap penanganan Covid- 19. Termasuk kewajiban melaksanakan rapid test bagi warga datang dari zona merah," ucap Sudiada yang juga Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid- 19 Jembrana.

Sudiada menyebut, jajaran gugus turun bersama-sama untuk penguatan koordinasi di Pelabuhan Gilimanuk.

Koordinasi melibatkan, BPTD Wilayah Bali-NTB, Syahbandar, ASDP dan KKP yang masing-masing memiliki kewenangan di pelabuhan.

"Kita perkuat koordinasi agar penanganan menjadi satu kesatuan dan tidak tumpah tindih,” ucapnya.

Dengan ditemukannya penumpang yang hasil rapid testnya positif, koordinasi akan ditingkatkan. (*)

Penulis: I Made Ardhiangga Ismayana
Editor: Bambang Wiyono
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved