Corona di Bali

Rapid Test Positif, 23 PMI Buleleng Dikarantina di RS Pratama Giri Emas

Puluhan PMI itu langsung dibawa ke RS Pratama Giri Emas untuk dikarantina dan dilakukan tes swab

tribun bali/ ratu ayu desiani
Sekda Buleleng Gede Suyasa. Rapid Test Positif, 23 PMI Buleleng Dikarantina di RS Pratama Giri Emas 

TRIBUN-BALI.COM, BULELENG - Sejak dilaksanakannya rapid test massal pada Jumat (24/4/2020) hingga Sabtu (25/4/2020), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buleleng menemukan sebanyak 23 PMI yang hasil rapid test-nya positif.

Atas temuan ini, puluhan PMI itu langsung dibawa ke RS Pratama Giri Emas untuk dikarantina dan dilakukan tes swab.

Sebagai catatan, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buleleng belum berani memastikan apakah 23 PMI ini benar terinfeksi virus Corona atau tidak.

Sebab tingkat keakuratan rapid test hanya 70-80 persen.

Namun dengan melakukan rapid test ini, petugas bisa mendeteksi lebih awal, sehingga penularan virus Corona cepat diantisipasi.

Untuk itu, setelah melakukan rapid test, 23 PMI akan menjalani tes swab, untuk lebih memastikan apakah mereka terinfeksi virus Corona atau tidak.

Sekda Buleleng yang juga Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Buleleng Gede Suyasa mengatakan, sejatinya rapid test massal masih dilaksanakan pada Minggu (26/4/2020).

Sasarnnya kali ini adalah PMI yang kedatangannya sekitar 14 hari lalu, yang dikarantina di hotel-hotel.

Sedangkan yang di-rapid test pada Jumat dan Sabtu kemarin adalah PMI yang menjalani isolasi mandiri di rumah, yang kedatangannya 25 hari ke bawah.

Namun hingga berita ini ditulis, Suyasa mengaku belum menerima hasil rapid test yang dilaksanakan pada Minggu (26/4/2020).

"Data yang masuk hanya hasil rapid yang dilaksanakan Jumat dan Sabtu kemarin. Dimana rapid test hari Jumat kemarin diikuti sebanyak 482 PMI, yang positif 14 orang (sebelumnya disebut enam orang, ada penambahan 8 orang), Sedangkan Sabtu, diikuti 234 PMI, yang positif 9 orang. PMI yang hasil rapid-nya positif, digolongkan sebagai OTG (Orang Tanpa Gejala). Kami masih menunggu hasil swab-nya untuk lebih memastikan apakah mereka terinfeksi virus Corona atau tidak," jelasnya.

Disisi lain, Suyasa juga menyebutkan, saat ini total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang hasil tes swab-nya terkonfirmasi positif virus Corona berjumlah empat orang.

Mereka adalah PDP 14, 16, 17, dan 18, dan sedang dirawat di RS Pratama Giri Emas.

(*)

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved