Tiga Bus Diloloskan ke Lombok, Pulang Kampung, Tidak Balik ke Bali

Tiga bus dan puluhan sepeda motor yang terlantar di Pelabuhan Padang Bai akhirnya Pemda NTB mentoleransi dengan catatan mereka pulang kampung.

Tribun Bali/Saiful Rohim
Petugas kepolisian bersama instansi terkait jaga pintu masuk Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis, Minggu (29/3/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, AMLAPURA - Penumpang yang hendak menyeberang dari Pelabuhan Padang Bai, Manggis ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, NTB diseleksi ketat.

Yang diperbolehkan hanya penumpang ber- KTP NTB dengan tujuan untuk pulang kampung.

Kepala Kesyahbandar Otoritas Penyebrangan (KSOP) Pelabuhan Padang Bai, Ni Luh Putu Eka Suyasmin mengatakan, penyeberangaan diperketat lantaran ada surat Pemprov NTB terkait larangan keluar masuk ke NTB.

Keputusan diambil untuk mengantisipasi penyebaran Covid- 19.

"Awalnya ada surat Gubernur NTB terkait larangan keluar masuk NTB. Karena kemarin ada tiga bus dan puluhan sepeda motor ber-KTP NTB terlantar di Pelabuhan Padang Bai akhirnya Pemda NTB, mentoleransi dengan catatan mereka pulang kampung, tidak akan kembali," kata Suyasmin, Minggu (26/4/2020).

Sedangkan untuk penumpang beridentitas luar NTB tak diperbolehkan menyeberang.

Begitu juga penumpang yang melakukan mudik. Sampai sekarang belum ditemukan penumpang menyeberang untuk mudik, semuanya pulang kampung lantaran diberhentikan perusahaan tempat kerja.

"Mereka yang menyeberang juga dilarang kembali ke Bali sampai waktu yang ditentukan. Pemerintah NTB akan menindak jika seandainya yang bersangkutan kembali lagi ke Bali usai Lebaran. Makanya kita tetap berkoordinasi dengan pemerintah NTB," ujar Luh Putu Suyasmin.

Petugas di Pelabuhan Padang Bai juga melakukaan pengendalian transportasi.

Kendaraan penumpang, pribadi, serta motor diseleksi. Saat ini penyeberangan hanya diprioritaskan untuk kendaraan pengangkut logistik, kepolisian, TNI, serta petugas medis dari tim kesehatan.

Halaman
12
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Bambang Wiyono
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved