Bandara Ngurah Rai Layani Pemulangan 4.960 PMI

4.960 Warga Negara Indonesia (WNI), yang bekerja sebagai pekerja migran Indonesia tercatat telah kembali ke Indonesia melalui Bandara Ngurah Rai

Humas Angkasa Pura Bali
Suasana pemulangan PMI di Bandara Ngurah Rai. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, A A Seri Kusniarti

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG – Sebanyak 4.960 Warga Negara Indonesia (WNI), yang bekerja sebagai pekerja migran Indonesia tercatat telah kembali ke Indonesia melalui Bandara Ngurah Rai, Bali.

Dalam pencatatan yang dilakukan sejak 23 Maret hingga 27 April tersebut, para pekerja migran Indonesia (PMI), yang bekerja di berbagai negara tersebut pulang kembali ke Indonesia melalui 27 penerbangan charter khusus.

Hal tersebut dikonfirmasi General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Bandara Ngurah Rai, Herry A.Y. Sikado.

“Penerbangan pemulangan kembali WNI yang kami layani hingga saat ini, telah mencapai jumlah 27 penerbangan, dimulai dari penerbangan LOT Polish Airlines dengan nomor penerbangan LO8535 pada 23 Maret lalu, hingga penerbangan terakhir sampai saat ini, yaitu penerbangan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA4046 pada Senin, 27 April kemarin,” ujar Herry, dalam siaran pers yang diterima Tribun Bali, Rabu (29/4/2020).

Total hingga saat ini, kata dia, telah melayani sekitar 4.960 WNI yang pulang kembali ke Indonesia melalui Bali dengan penerbangan charter khusus ini.

Diperkirakan, jumlah ini akan terus bertambah seiring penambahan permintaan unscheduled rescue flight.

Sebanyak 11 maskapai penerbangan dari berbagai negara, tercatat terlibat dalam 27 penerbangan pemulangan WNI tersebut, yaitu LOT Polish Airlines, LATAM Airlines, Qatar Airways, Wamos Air, Air Europa, NEOS Air, Ethiopian Airlines, Smartwings, AirAsia X, Garuda Indonesia, serta Air Cairo.

“Penerbangan Wamos Air EB9420 dari Athena, Yunani, menjadi penerbangan dengan pengangkutan WNI terbanyak dalam satu penerbangan, yaitu mencapai 439 penumpang,” terang Herry.

Dengan penumpang sebanyak ini, tentunya langkah-langkah antisipasi telah dilakukan, terutama terkait penanganan pemeriksaan penumpang.

Halaman
12
Penulis: AA Seri Kusniarti
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved