Breaking News:

Bulan Ramadhan

Begini Penjelasan Pakar Terkait Manfaat Berpuasa Bagi Peningkatan Sistem Imunitas Tubuh

Di balik semua itu, tahukah Anda jika berpuasa ternyata memiliki segudang manfaat bagi imunitas atau kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit.

imam-us.org
ILUSTRASI: Puasa wajib hukumnya bagi umat muslim yang sudah baliq. Namun, bagi perempuan yang sedang haid, Islam mengaturnya tak bisa berpuasa. Ternyata ada hikmah di baliknya. 

TRIBUN-BALI.COM, –  Meski ibadah bulan puasa pada Ramadhan 1441 H atau Tahun 2020 pelaksanaannya berbeda dari tahun sebelumnya.

Namun, umat Islam di seluruh penjuru dunia tetap menjalankan ibadah puasa meski di tengah pandemi virus corona atau Covid-19. 

Di balik semua itu, tahukah Anda jika berpuasa ternyata memiliki segudang manfaat bagi peningkatan imunitas atau kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit. 

Berikut ini ulasan manfaat berpuasa bagi imunitas atau kekebalan tubuh Anda. 

Dilansir via Kompas.com, imunitas tubuh penting untuk menghalau berbagai penyakit, juga virus corona jenis SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19.

Dengan jam makan yang bergeser, ahli menyebutkan masyarakat tak perlu khawatir akan turunnya imunitas tubuh.

Hal itu diungkapkan oleh dr Hj Vivien Maryam Sp.PD, Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital (sebelumnya RS Awal Bros) Tangerang.

“Pada dasarnya proses puasa adalah proses mengistirahatkan organ terutama organ pencernaan dan regenerasi sel yang dapat meningkatkan imunitas tubuh,” tutur Vivien dalam keterangan tertulis, Selasa (28/4/2020).

Hal tersebut penting untuk pertahanan tubuh terhadap berbagai jenis virus atau kuman penyakit.

“Ketika berpuasa, kita dilarang makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Selama kurun waktu tersebut, sistem pencernaan diistirahatkan dan sel-sel tubuh mengalami regenerasi,” papar ia.

Halaman
123
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved