190 Orang Tujuan Jawa Diminta Balik Kanan, Polres Tabanan Perketat Larangan Mudik

Seluruh pengendara yang berencana menuju Pulau Jawa alias mudik, akan diminta balik kanan

Dok Tabanan
Tim Gabungan Operasi Ketupat Agung 2020 Tabanan saat melakukan pemeriksaan di Pos Pengamanan dan Penyekatan Baturiti dan Selabih, Tabanan, Bali, Jumat (1/5/2020). 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Puluhan personel gabungan dari Satlantas Polres Tabanan, TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan Tabanan melakukan pemeriksaan terhadap pengendara yang melintas di perbatasan Tabanan dan Jembrana, tepatnya di Posko Pengamanan dan Penyekatan Desa Selabih, Kecamatan Selemadeg Barat, Tabanan, Bali, Jumat (1/5/2020).

Satu per satu kendaraan yang melintas diperiksa, baik identitas pengemudi dan penumpang, kendaraan, serta tujuan bepergian.

Sebab, seluruh pengendara yang berencana menuju Pulau Jawa alias mudik, akan diminta balik kanan.

Hal ini sebagai antisipasi agar masyarakat tak mudik sesuai arahan pemerintah pusat dan diturunkan ke Surat Edaran Gubernur Bali tentang Pengendalian Pintu Masuk Bali Melalui Pelabuhan Penyebrangan.

Dalam SE Gubernur Bali tersebut, tertulis seluruh kendaraan bermotor umum jenis mobil bus dan mobil pribadi, kendaraan bermotor perseorangan dengan jenis mobil penumpang, mobil bus, sepeda motor, serta pejalan kaki yang masuk/keluar wilayah Bali agar dilarang menyeberang di seluruh pintu masuk pelabuhan penyeberangan di Bali.

Kemudian, pembatasan transportasi tersebut dikecualikan kepada kendaraan dinas operasional Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) dinas TNI, Polri, Damkar, ambulans, mobil jenazah.

Selain itu, kendaraan yang memuat logistik dengan tidak membawa penumpang dan kendaraan lainnya sepanjang dalam rangka urusan penanganan Covid-19 atau kedaruratan lainnya.

Termasuk juga dikecualikan kepada penumpang umum/pejalan kaki yang kembali ke daerah asal dengan dilengkapi surat perjalanan tertentu dari kepolisian resor tempat berangkat.

Menurut data yang berhasil diperoleh dari Satlantas Polres Tabanan, total kendaraan yang sudah diminta balik kanan sebanyak 18 unit kendaraan dengan jumlah warga sebanyak 190 orang.

Rinciannya, 8 unit kendaraan roda empat, 6 unit kendaraan roda dua dan 4 unit bus.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved