Breaking News:

Di Tengah Wabah Covid-19, Upacara Bendera Peringatan Hardiknas 2020 Ditiadakan

Panitia penyelenggara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020, meniadakan penyelenggaraan upacara bendera

Tangkapan Layar
Logo Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Kadek Rika Riyanti

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, Nadiem Anwar Makarim, mengeluarkan Surat Pedoman Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 pada 29 April 2020 terkait pelaksanaan peringatan Hari Pendidikan Nasional di tengah pandemi Covid-19.

Pedoman itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 11 Tahun 2020 tentang Penetapan Kedaruratan Kesehatan Masyarakat Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) dan Keputusan Presiden Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Nonalam Penyebaran Covid-19 sebagai Bencana Nasional.

Salah satu bunyi pedoman itu, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) selaku panitia penyelenggara peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020, meniadakan penyelenggaraan upacara bendera yang umumnya wajib diselenggarakan di setiap kantor, instansi pusat dan daerah, setiap satuan pendidikan serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri.

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Upacara Bendera Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 pada 2 Mei 2020 pukul 08.00 WIB secara terpusat, terbatas dan memperhatikan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 yang telah ditetapkan pemerintah tanpa mengurangi makna semangat dan kekhidmatan acara,” bunyi surat pedoman tersebut.

Oleh karenanya, Kemendikbud mengimbau instansi pusat/daerah, satuan pendidikan serta kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri untuk mengikuti jalannya upacara bendera melalui siaran langsung di kanal YouTube Kemendikbud RI dan saluran TV Edukasi dari rumah atau tempat tinggal masing-masing.

Hari Pendidikan Nasional 2020 kali ini mengangkat tema “Belajar dari Covid-19”, yang mana pada pedoman tersebut menyampaikan logo Hari Pendidikan Nasional 2020 dapat diunduh melalui laman www.kemdikbud.go.id.

Pihak Kemendikbud tidak lupa mengimbau agar seluruh instansi tersebut turut memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2020 melalui berbagai media publikasi cetak elektronik dan media sosial dengan menggunakan logo dan tema di atas.

Selain itu pula, pada pedoman itu Kemendikbud mengimbau agar tidak mengadakan kegiatan/aktivitas peringatan Hari Pendidikan Nasional yang mengakibatkan berkumpulnya orang banyak pada suatu lokasi.

“Aktivitas atau kegiatan alternatif untuk memperingati dan memeriahkan Hari Pendidikan Nasional 2020 dapat dilakukan secara kreatif, menjaga dan membangkitkan semangat belajar di masa darurat Covid-19, mendorong pelibatan dan partisipasi publik serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19,” imbuh Mendikbud dalam pedomannya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved