Breaking News:

Bulan Ramadhan

Kesalahan-kesalahan Dalam Berpuasa Ramadhan

Masih ada beberapa kesalahan-kesalahan yang berkembang di masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa

Pixabay
Ilustrasi ramadhan 2020. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, M Firdian Sani

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Dalam menjalankan ibadah puasa tentu ada beberapa aturan-aturan yang harus dilakukan, salah satunya adalah menunaikan sahur, menahan diri dari perbuatan kotor, serta rentetan ibadah pendukung lain.

Bagi sebagian orang, aturan-aturan itu nyatanya tak dipahami dengan benar oleh kaum muslimin, masih ada beberapa kesalahan-kesalahan yang berkembang di masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa.

Ustaz M Sya'an, LC dalam kultumnya di Masjid Baitul Makmur menjelaskan, ada beberapa kesalahan-kesalahan dalam berpuasa, yang pertama adalah soal perkara sahur.

"Kesalahan yang pertama adalah menganggap bahwa sahur itu tidak penting. Makan sahurlah kalian, maka sesungguhnya di dalam sahur itu ada keberkahan," katanya dikutip dari siaran langsung Facebook 'Masjid Baitul Makmur DPS', Rabu (29/4/2020).

"Oleh karena itu kaum muslimin yang di rahmati Allah SWT, bangunlah di pagi hari sebelum waktu subuh untuk melaksanakan sahur walaupun hanya seteguk air," sambungnya.

Memang hukum sahur adalah sunnah yang apabila dikerjakan mendapat pahala dan jika tidak dikerjakan tidak apa-apa atau tidak berdosa.

Namun, Ustaz Sya'nan tentunya tidak ingin kaum muslimin menyepelekan sahur karena mengandung keberkahan sebagaimana yang disampaikan dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan dari Anas bin Malik sebagai berikut.

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً

Artinya: “Sahurlah kalian semua. Sesungguhnya sahur itu mengandung keberkahan.” (HR Bukhari: 1923) sumber: NU.online.

Halaman
123
Penulis: M. Firdian Sani
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved