Breaking News:

Prediksi Kemarau Tahun Ini Lebih Kering, Jokowi Minta Penyimpanan Air Mulai Dilakukan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut 30 persen wilayah zona musim (ZOM) akan mengalami kemarau lebih kering dari sebelumnya.

Editor: Bambang Wiyono
Tribun Bali
Ilustrasi kekeringan 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya memperhatikan ketersediaan air di sejumlah daerah. terutama, daerah-daerah yang menjadi sentra pertanian.

Presiden mengatakan, ada prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang menyebut 30 persen wilayah zona musim (ZOM) yang akan mengalami kemarau lebih kering dari tahun sebelumnya.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas terkait antisipasi dampak kekeringan terhadap ketersediaan bahan pangan pokok melalui video conference, Selasa (5/5/2020).

"Saya tekankan yang pertama ketersediaan air di daerah sentra sentra produksi pertanian ini merupakan kunci," kata Jokowi.

Untuk itu, Presiden menginstruksikan seluruh jajarannya mempersiapkan mulai dari sekarang tempat atau lokasi penyimpanan air.

Selain itu, Jokowi meminta agar musim hujan yang masih ada saat ini dimanfaatkan untuk menampung air.

Jokowi menyampaikan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) terkait 30 persen wilayah zona musim (ZOM) yang akan mengalami kemarau lebih kering dari tahun sebelumnya.

"Urusan yang berkaitan dengan musim kemarau harus kita hitung benar-benar karena berdasarkan prediksi dari BMKG, 30 persen wilayah-wilayah yang masuk zona musim ke depan akan mengalami kemarau yang lebih kering dari biasanya," kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga mengingatkan soal peringatan Organisasi Pangan dan Pertanian Dunia (FAO) terkait krisis pangan dunia.

Untuk itu, Kepala Negara bergarap ketersediaan dan stabilitas harga pangan tidak terganggu selama musim kemarau.

"Oleh sebab itu, antisipasi, mitigasi harus betul-betul disiapkan sehingga ketersediaan dan stabilitas harga bahan pangan tidak terganggu," jelasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jokowi: 30 Persen Wilayah Zona Musim Akan Alami Kekeringan,

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved