Bendesa Pecatu Minta Sekda Badung Kaji Matang Soal Pemakaian Dana LPD untuk Corona 

Tidak bisa mengeluarkan kebijakan seperti itu. Di atas kami (bendesa) kan ada yang lebih tinggi, seperti Majelis Desa Adat maupun Majelis Alit

Gambar oleh Mizianitka dari Pixabay
Ilustrasi Uang - Bendesa Adat Pecatu minta Sekda Badung bahas matang soal penggunaan dana LPD untuk penanganan corona. 

BADUNG, TRIBUN-BALI.COM - Pemkab Badung mengincar dana Lembaga Perkreditan Rakyat (LPD) untuk kebutuhan pangan masyarakat Badung di tengah Covid-19 jika pandemi ini berkepanjangan. Namun hal ini tak diterima sepenuhnya. Muncul kekhawatiran likuiditas LPD terganggu.

Bendesa Adat Pecatu, Made Sumerta meminta pemanfaatan dana LPD untuk corona harus dikaji lebih matang. Ia sarankan Sekda Badung, I Wayan Adi Arnawa melakukan pembahasan dengan Majelis Desa Adat (MDA) maupun pihak terkait lainnya.

"Tidak bisa mengeluarkan kebijakan seperti itu. Di atas kami (bendesa) kan ada yang lebih tinggi, seperti Majelis Desa Adat maupun Majelis Alit. Jadi koordinasi dulu dengan beliau," katanya saat dikonfirmasi, Rabu (6/5/2020).

Ia menginginkan semua usulan perlu dimatangkan sehingga tidak semena-mena menggunakan dana LPD, meski statusnya akan dikembalikan.

"Jangan sampai likuiditas di LPD itu terganggu. Kami ketahui dalam situasi saat ini kan semua kondisinya sangat sulit," jelasnya.

Sumerta yang juga merupakan Ketua Komisi IV DPRD Badung ini mengaku semua itu perlu pembahasan yang serius.

Dengan demikian, jika keputusan itu diberlakukan, MDA yang akan mengoordinasikan ke semua bendesa yang ada di Badung.

"Semua ini kan punya desa adat. Jadi koordinasikan dulu, setelah ada kesepakatan, baru keluarkan kebijakan secara resmi," ungkapnya.

Sebelumnya, Pemkab Badung mengaku mengincar dana LPD untuk kebutuhan pangan masyarakat bila nanti cadangan anggaran habis namun pandemi masih berlanjut.

Dana LPD dilirik karena sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Badung telah mati suri. Bahkan saat ini dana yang tersisa kabarnya sudah sebagian besar diarahkan untuk penanganan Covid-19.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: I Putu Darmendra
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved