Corona di Bali

Kepulangan PMI Mulai Menurun, Pemprov Bali Kini Fokus Tangani Kasus Transmisi Lokal Covid-19

Namun, di saat pergerakan masyarakat sudah menurun terutama bagi kedatangan PMI, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali kini tengah

Istimewa
Persiapan swab bagi 139 warga di Banjar Serokadan, Minggu (3/5/2020) 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Kepulangan para Pekerja Migran Indonesia (PMI) dari luar negeri ke Bali sudah mengalami penurunan.

Bahkan sejak tiga hari terakhir ini, di Bandar Udara (Bandara) Internasional I Gusti Ngurah Rai sudah zero penerbangan.

Guna menekan penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Pulau Dewata, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali awalnya memang fokus melakukan pencegahan di berbagai pintu masuk, seperti Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Pelabuhan Benoa, Gilimanuk serta Padangbai.

Namun, di saat pergerakan masyarakat sudah menurun terutama bagi kedatangan PMI, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali kini tengah fokus menangani transmisi lokal.

Dihukum 13 Bulan Penjara Karena Terlibat Korupsi APBDes Dauh Puri Klod, Ariyaningsih Terima Putusan

Kasus Transmisi Lokal Covid-19 Naik, Pemprov Bali Sebut Alasan Belum Terapkan PSBB

Masih Banyak Warga Langgar Perda Ditengah Pandemi Corona,Satpol PP Denpasar Terus Lakukan Penertiban

Keberadaan transmisi lokal di Bali memang sedang mengalami peningkatan, data hingga Selasa (4/5/2020) menunjukkan, transmisi lokal sudah berada di angka 36 persen lebih.

"Oleh karena itu, Bapak Gubernur dengan seluruh kepala daerah yang ada di Bali menyepakati kita melakukan upaya penting dan strategis, salah satunya kita melakukan isolasi secara wilayah," kata Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali I Made Rentin saat ditemui di kantornya, Rabu (6/5/2020).

Berbagai isolasi tersebut sudah dilakukan di Banjar Serokadan, Bangli; Desa Bondalem, Buleleng; serta Kelurahan Padangkerta, Karangasem.

Hal itu dilakukan karena pihak Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Bali melihat tingkat transmisi lokal yang kian meningkat.

Isolasi secara wilayah terpilih ini dilakukan bukan sebagai hukuman, tetapi merupakan bagian upaya strategis dalam rangka memberikan pembelajaran kepada masyarakat.

Besok, Pendaftaran Diskon Listrik di www.lightup.id Ditutup, Ini 4 Faktanya

Soal Pemanfaatan Dana LPD untuk Penuhi Pangan Masyarakat, Bendesa Usul Sekda Badung Lakukan Kajian

Stefano Cugurra Teco Menghabiskan Waktu dengan Nonton Film hingga Baca Buku

Dengan cara itu masyarakat diharapkan supaya disipilin dalam memakai masker, tidak berinteraksi dengan orang lain dan juga sadar bahwa mereka mempunyai risiko terpapar Covid-19.

Oleh karena itu, jelas Rentin, pihaknya terus melakukan komunikasi, informasi, edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat yang bersangkutan. (*)

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved