Corona di Bali

Dari 6.465 KK Warga di Tabanan Sebagai Penerima BLT Dana Desa, Baru 414 KK yang Cair Hingga Hari Ini

Menurut data yang berhasil diperoleh, dari total 6.465 KK tersebut terbanyak ada di Kecamatan Penebel dengan jumlah 1.326 KK di 18 Desa

Istimewa
Suasana saat polisi bersama aparat desa melakukan pengawasan terhadap salah satu warga yang menerima bantuan terdampak Covid-19 di Kabupaten Tabanan. 

TRIBUN-BALI.COM, TABABAN  - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Tabanan telah menerima laporan data dari seluruh kecamatan terkait calon penerima BLT yang bersumber dari Dana Desa.

 Total ada 6.465 KK yang mendapatkan bantuan tersebut dengan anggaran total senilai Rp 11 Miliar lebih.

Hanya saja, data per hari ini yang sudah dilakukan pencarian baru 414 KK, sedangkan yang lainnya masih proses.

Menurut data yang berhasil diperoleh, dari total 6.465 KK tersebut terbanyak ada di Kecamatan Penebel dengan jumlah 1.326 KK di 18 Desa.

Bahas Penyebaran Covid-19 & Tempat Karantina PMI, Kapolresta Denpasar Simakrama ke Desa Adat Legian

Cegah Virus Corona, Bank Indonesia Lakukan Karantina Uang yang Diterima Sebelum Diedarkan Kembali

Golkar Jembrana Bentuk Satgas Pencegahan Covid-19

Kemudian di kecamatan Pupuan sebanyak 995 KK di 14 Desa, Kecamatan Tabanan sebanyak 925 KK di 12 Desa, Kecamatan Kediri sebanyak 793 KK di 15 Desa.

Selanjutnya di Kecamatan Marga sebanyak 320 KK di 16 Desa, Kecamatan Baturiti sebanyak 676 KK dengan 12 Desa, Kecamatan Selemadeg Timur sebanyak 161 KK di 10 Desa, Kecamatan Selemadeg sebanyak 305 KK di 10 Desa, Kecamatan Selemadeg Barat sebanyak 309 KK di 11 Desa dan Kecamatan Kerambitan sebanyak 655 KK di 15 Desa.

"Total sesuai data ada 6.465 KK yang menjadi calon penerima BLT dari Dana Desa," ujar Kepala DPMD Tabanan, Roemi Listyowati, Jumat (8/5/2020).

Dia melanjutkan, dari total jumlah tersebut sudah 414 KK yang sudah mendapatkan bantuan tersebut alias sudah cair.

Jumlah 414 KK tersebut tersebar di 7 Kecamatan, sedangkan yang lainnya sedang masih proses pencairan.

"Yang lainnya masih proses pencairan. Mereka para penerima akan mendapat bantuan setiap bulan hingga bulan Juni sebesar Rp 600 ribu per bulan," tandasnya.

Sebelumnya, Seluruh Desa di Kabupaten Tabanan telah menggelar Musyawarah Desa Khusus (Musdesus) terkait rencana penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang bersumber dari Dana Desa.

Secara umum, Desa telah melakukan pendataan dan penganggaran bantuan tersebut. Ditarget bulan ini BLT tersebut diproses dan dicairkan kepada penerima melalui non tunai.

Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti mengatakan, terkait BLT dari Dana Desa tinggal menunggu kesiapan Desa masing-masing.

"Kita sudah sosialisasi ke desa, tinggal menunggu kesiapan masing-masing Desa.Bulan ini (Mei) lah sudah bisa itu," kata dia.(*)

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved