Penjualan BBM Anjlok 30%, Penjualan Avtur juga Drop 90%, Begini Penjelasan Pertamina

Saat ini harga minyak sekitar US$ 20 per barel, kurs rupiah juga melemah ke Rp 15.000 per dollar AS

Tribun Bali/Noviana Windri
Ilustrasi - SPBU 54.801.38 Teuku Umar Barat Denpasar. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - PT Pertamina mencatat bahwa penjualan gasoline (Premium, pertalite, pertamax series, dan dexlite) dan Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Avtur turun sejak terjadinya Pembatasan Sosial Skala Besar (PSBB).

Asal tahu saja konsumsi bensin (Premium, pertalite, pertamax series, dan dexlite) per hari dalam keadaan normal mencapai 29.000 kiloliter (KL) per hari.

Sedangkan konsumsi Avtur dalam keadaan normal mencapai 13.500 KL per hari.

Penurunan penjualan bensin dan Avtur itu karena tidak adanya aktivitas masyarakat dalam bertransportasi dan maskapai juga tidak diizinkan beroperasi sejak adanya kebijakan PSBB untuk menekan penyebaran virus corona.

Senior Vice President Corporate Strategic Growth PT Pertamina (Persero) Daniel Purba mengungkapkan, penyebaran virus corona membawa dampak pada bisnis bahan bakar minyak (BBM) Pertamina.

Akibatnya, situasi ini berpengaruh terhadap pendapatan dan cost Pertamina.

"Saat ini harga minyak sekitar US$ 20 per barel, kurs rupiah juga melemah ke Rp 15.000 per dollar AS," kata dia dalam diskusi "Dampak COVID-19 dan Harga Minyak Rendah Terhadap Bisnis Gas dan LNG Indonesia, Apa Strategi Kita" Sabtu (9/5).

Kata Daniel, dengan melemahnya nilai tukar rupiah membuat cost Pertamina meningkat dan di sisi lain penjualan bensin menurun.

"Penjualan Avtur drop sampai 90%, konsumsi bensin turun 20%-30%," imbuh dia.

Asal tahu saja, produksi avtur Pertamina secara normal bisa mancapai 2.8 juta barel per bulan.

Sementara untuk penjualan LPG hanya naik 2%-3% karena adanya kebijakan work from home.

"Meski mendapat tantangan begitu berat, kami masih bisa menyalurkan BBM dan LPG ke seluruh wilayah Indonesia," kata dia. (*)

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul, Penjualan BBM anjlok 30%, Pertamina: Penjualan Avtur juga drop 90%, https://industri.kontan.co.id/news/penjualan-bbm-anjlok-30-pertamina-penjualan-avtur-juga-drop-90

Editor: Kambali
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved