Dituntut Tiga Tahun Penjara Karena Tipu Calon Tenaga Kerja ke Luar Negeri, Endang Bela Diri

Terhadap tuntutan jaksa itu, Endang yang menjalani sidang di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Denpasar akan mengajukan pembelaan

Tribun Bali/Putu Candra
Terhadap tuntutan jaksa itu, Endang yang menjalani sidang di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Denpasar akan mengajukan pembelaan (pledoi) tertulis. 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Jaksa Penuntut Umum (JPU) I Dewa Gede Anom Rai melayangkan tuntutan tiga tahun penjara terhadap Endang Sugiyanti (50).

Perempuan kelahiran Jakarta ini dinilai bersalah melakukan penipuan terhadap calon tenaga kerja ke luar negeri.

Demikian disampaikan Jaksa Anom Rai saat membacakan surat tuntutan di persidangan yang digelar secara virtual di Pengadilan Negeri (PN) Denpasar, Rabu (13/5/2020).

Terhadap tuntutan jaksa itu, Endang yang menjalani sidang di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Denpasar akan mengajukan pembelaan (pledoi) tertulis.

Seorang Pedagang Ayam di Desa Tejakula Buleleng Positif Covid-19

PKM Masih dalam Tahap Penyempurnaan Pemkot Denpasar, Polresta Masih Temukan Ini di Lapangan

Wabup Jembrana Salurkan Bantuan kepada Pelaku Pariwisata yang Terdampak Pandemi Covid-19

"Saya akan mengajukan pembelaan tertulis, Pak Hakim," ucapnya dari balik layar monitor kepada majelis hakim pimpinan I Ketut Kimiarsa.

Dengan demikian hakim memberikan waktu sepekan bagi terdakwa menyiapkan nota pembelaan. Sidang pun akan dilanjutkan pekan depan.

Sementara dalam surat tuntutannya, Jaksa Anom Rai mengurai hal meringankan dan memberatkan sebagai pertimbangan mengajukan tuntutan.

Hal meringankan disebutkan, terdakwa mengakui perbuatannya dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi.

"Hal memberatkan, terdakwa menyadari perbuatan yang dilakukan dan korban yang ditipu lebih dari lima orang. Terdakwa sudah pernah dihukum dalam perkara penipuan tenaga kerja," bebernya.

Dari pelbagai pertimbangan, pembuktian fakta persidangan dan unsur-unsur pidana, terdakwa Endang dinyatakan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana penipuan, sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 378 KUHP.

Halaman
1234
Penulis: Putu Candra
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved