Breaking News:

Maskapai Singapore Airlines Diprediksi Akan Merugi Sepanjang 2020 Karena Virus Corona

SIA Group mengatakan dalam keterangannya, bahwa hingga saat ini perusahaan masih berharap adanya profit dari operasional penerbangan

Editor: Eviera Paramita Sandi
Public Relation Singapore Airlines
Airbus A350-900XWB in Singapore Airlines livery. 

TRIBUN-BALI.COM-  Pandemi Covid-19 memukul berbagai sektor ekonomi di dunia, termasuk industri penerbangan.

Salah satunya maskapai penerbangan Singapore Airlines.

Maskapai asal negeri singa ini diprediksi akan mengalami kerugian sepanjang tahun akibat wabah virus corona atau Covid-19.

Mengutip dari laman situs AsiaOne pada Rabu (13/5/2020), SIA Group dilaporkan akan mengalami grafik negatif dalam masalah cash flow operasionalnya pada periode April hingga Juni 2020 akibat dampak wabah virus ini.

Hal ini karena Singapore Airlines yang merupakan bagian dari SIA Group mengurangi layanan penerbangan hingga 96 persen, pengurangan ini disebabkan banyaknya negara yang menutup layanan penerbangan karena wabah Covid-19.

Dalam keterangannya Singapore Airlines menjelaskan situasi keuangan perusahaan sudah semakin memburuk, oleh jatuhnya harga bahan bakar pada Maret 2020 yang menyebabkan kerugian nilai lindung bahan bakar.

SIA Group mengatakan dalam keterangannya, bahwa hingga saat ini perusahaan masih berharap adanya profit dari operasional penerbangan meskipun hanya sedikit.

Kemudian dengan turunnya jumlah penumpang yang bepergian lewat udara telah membuat banyak maskapai, harus memarkir sebagian besar pesawat mereka.

Saat ini hanya 4 persen pesawat milik SIA Group yang beroperasi yaitu SilkAir yang masih terbang.

Sedangkan pesawat maskapai Scoot, hanya 2 persen yang beroperasi dalam dua bulan ke depan.

“Waktu pemulihan dari krisis Covid-19 dan lintasannya, masih belum pasti. Selama ini, SIA Group terus melakukan langkah untuk mengurangi biaya pengeluaran, menghemat uang dan secara proaktif membangun likuiditas serta memperkuat neraca kami," tulis SIA Group dalam keterangannya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Dihantam Corona, Singapore Airlines Diprediksi Akan Merugi Sepanjang 2020

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved