Corona di Bali

Meski Dinyatakan Negatif Swab, Kodam IX/Udayana Tetap Lakukan Pemeriksaan Kesehatan PMI Kloter II

PMI tetap menjalani pemeriksaan kesehatan setibanya di Indonesia, meski sudah dinyatakan negatif Swab

Dok. Pendam IX/Udayana
Kodam IX/Udayana melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap kloter II PMI saat tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, Selasa (12/5/2020). 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Setelah tiba di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kloter II Pekerja Migran Indonesia (PMI) melakukan Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Niti Mandala Renon Denpasar, pada Selasa (12/5/2020).

Selanjutnya para PMI tersebut dijemput oleh masing-masing Satgas Covid-19 di Kabupaten/Kota untuk kemudian dibawa ke tempat karantina yang telah disiapkan oleh masing-masing Pemda.

Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., menyatakan, para PMI tetap menjalani pemeriksaan kesehatan setibanya di Indonesia kendati pihak perusahaan sudah menyampaikan kepada perwakilan bahwa para ABK tersebut telah dinyatakan sehat setelah melalui serangkaian Rapid Test dan Swab Test dengan hasil negatif.

"Mereka telah dilengkapi Fit to Travel Certificate (surat keterangan sehat) dari perusahaannya, namun begitu tiba di Bali, mereka harus tetap menjalani serangkaian tes kesehatan sesuai dengan prosedur tetap," kata Kapendam

Soal dan Jawaban Mengenal Masyarakat Bugis Makassar - Belajar dari Rumah TVRI Kelas 4-6 SD

Ramalan Zodiak Karier & Keuangan 13 Mei, Taurus Hindari Risiko Finansial, Libra Jangan Ragu-ragu

Kronologi Penumpang Taksi Online di Surabaya Tewas Mendadak, Sopir Terkejut Saat Toleh ke Belakang

Hal ini sebagai bentuk pengamanan oleh Satgas Gugus Tugas Daerah Bali dalam hal ini dari Prajurit Denkav 4/SP Kodam IX/Udayana karena ditunjuknya Bali sebagai salah satu titik debarkasi selain Jakarta dan Batam.

Kapendam mengungkapkan, PMI yang tiba sebanyak 242 WNI tersebut meeupakan ABK di Kapal Mein Schiff 3 (MS3), tiba di Bali menggunakan pesawat charter TB-8331 langsung dari Bandara Hamburg menuju Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali.

Kapendam menambahkan, Kodam IX/Udayana ditunjuk langsung oleh Mabes TNI sebagai Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) dalam percepatan penanggulangan Covid-19 yang dikhususkan pada penanganan debarkasi PMI.

"Di wilayah Provinsi Bali ini Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., ditunjuk menjadi Panglima Komando Tugas Gabungan Terpadu untuk penanggulangan Covid-19 khusus bagi kedatangan PMI ataupun ABK yang bukan hanya masyarakat Bali, namun juga ada dari daerah provinsi lain yang dekat dengan Bali sehingga diturunkan di Bali," pungkasnya. (*).

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved