Corona di Bali

Sektor Pariwisata Bali Diperkirakan Rugi Rp 9,7 Triliun per Bulan Akibat Dampak Pandemi Covid-19,

Situasi ini menjadi permasalahan pelik bagi Pulau Dewata, terlebih mayoritas mata pencaharian masyarakat Bali berkaitan dengan pariwisata.

Tribun Bali/Rizal Fanany
Petugas Pantai melarang wisatawan datang ke pantai Kedonganan, Badung, Rabu (15/4/2020). Pantai Kedonganan ditutup untuk sementara untuk mencegah penyebaran virus covid 19 

Laporan Jurnalis Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Semenjak Bali turut terkena pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), sektor pariwisata mengalami penurunan kunjungan.

Situasi ini menjadi permasalahan pelik bagi Pulau Dewata, terlebih mayoritas mata pencaharian masyarakat Bali berkaitan dengan pariwisata.

Wakil Gubernur (Wagub) Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) mengatakan, jika dilihat dari masa tinggal para wisatawan di Bali, maka kerugian pariwisata dimasa pandemi ini sekitar Rp 9,7 Triliun setiap bulan.

Di tengah fenomena ini, Cok Ace masih memandang optimis dan memberi apresiasi kepada para pelaku pariwisata yang terus menggali ide-ide ekonomi kreatif guna menyambung kehidupan perekonomian keluarganya.

Dituntut Tiga Tahun Penjara Karena Tipu Calon Tenaga Kerja ke Luar Negeri, Endang Bela Diri

Seorang Pedagang Ayam di Desa Tejakula Buleleng Positif Covid-19

PKM Masih dalam Tahap Penyempurnaan Pemkot Denpasar, Polresta Masih Temukan Ini di Lapangan

"Untuk itu banyak para pelaku pariwisata yang melakoni perkerjaan lain dimasa pandemi ini, seperti usaha kuliner, perkebunan maupun usaha tani," kata Cok Ace dalam siaran pers yang diterima Tribun Bali, Rabu (13/5/2020).

Namun ia berharap para pelaku pariwisata tidak melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap karyawannya.

 "Kalaupun dirumahkan maka diharapkan para pegawai ini diberikan jaminan," harap Cok Ace yang juga sebagai Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bali itu.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, Pemprov Bali telah melakukan beberapa upaya dalam membantu para karyawan pariwisata yang dirumahkan.

Upaya itu dilakukan melalui penyaluran beberapa bantuan, baik dari Pemprov Bali sendiri, BUMN maupun Kementrian Pariwisata.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved