Angin Kencang, KMP Gunsa 8 Kandas di Pesisir Pantai Pelabuhan Padang Bai

KMP Gunsa 8 yang membawa penumpang dari Pelabuhan Lembar kandas di Perairan Pelabuhan Padang Bai

Dok Karangasem
KMP Gunsa 8 kandas di Pesisir Pantai Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis, Karangasem, Bali, Rabu (13/5/2020) sekitar pukul 17.50 Wita. Pemicunya yakni karena cuaca yang tidak bersahabat. 

TRIBUN-BALI.COM, KARANGASEM - KMP Gunsa 8 yang membawa penumpang dari Pelabuhan Lembar, Nusa Tenggara Barat (NTB) ke Pelabuhan Padang Bai, Kecamatan Manggis, Karangasem, kandas, Rabu (13/5/2020) pukul 17.50 Wita.

KMP Gunsa 8 kandas di Perairan Pelabuhan Padang Bai, sekitar 50 meter dari pesisir pantai.

Kamis (14/5/2020), Koordinator Satuan Pelayann BPTD Wilayah XII Bali, I Nyoman Agus Sugiarta menjelaskan, KMP Gunsa kandas saat akan sandar di Dermaga I Pelabuhan Padang Bai.

Ketika memutar, tiba-tiba muncul angin kencang dari arah selatan, sehingga kapal kandas dekat dermaga.

"KMP Gunsa 8 masuk kolam bandar pukul 17.50 Wita. Cuaca angin kencang dari selatan menyebabkan KMP Gunsa 8 terseret, dan melintang depan KM Golden hingga beberapa jam," jelas Koordinator Satuan Pelayanan BPTD Wilayah XII Bali, Nyoman Agus Sugiarta.

Ditambahkaan, air laut dekat Dermaga I Pelabuhan Padang Bai kondisinya surut saat kejadian.

Kondisi ini membuat KMP Gunsa kesulitan bergerak dan bersandar.

Untuk mengantisipasi supaya kapal tidak terdorong, dipasangkan tali, lalu dihalaukan bagian kiri dan kanan serta buritan sebelah kiri di sekitar bolder di dermaga.

"Kita menunggu air laut pasang, supaya bisa gerak. KMP Gunsa 8 baru lepas kandas sekitar pukul 18.34 Wita, dan baru menyandar sempurna di Dermaga I sekitar pukul 19.45 Wita. Lalu dilanjutkan dengan pembongkaran peenumpang, kendaraan roda dua serta empat," akui Agus Sugiarta.

Kanit Reskrim Polsek Plabuhan Padang Bai, IPTU Gede Wiastra mengaku, kandasnya KMP Gunsa 8 disebabkan oleh cuaca angin yang bertiup dan ombak cukup kencang.

Halaman
12
Penulis: Saiful Rohim
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved