Corona di Bali

30 Tim Medis Covid-19 Klungkung Diusulkan Terima Insentif, Ini Rinciannya

Pemerintah belum menyalurkan insentif kepada tim medis Covid-19 seperti yang telah diwacanakan sebelumnya.

RSUD Klungkung
Petugas medis ketika merawat pasien Covid-19 di RSUD Klungkung belum lama ini. 

TRIBUN-BAL.COM, KLUNGKUNG - Penanganan pasien Covid-19 di RSUD Klungkung berlangsung baik, dengan rata-rata kesembuhan mencapai 100 persen.

Hanya saja, hingga Jumat (15/5/2020), pemerintah belum menyalurkan insentif kepada tim medis Covid-19 seperti yang telah diwacanakan sebelumnya.

Dirut RSUD Klungkung dr I Nyoman Kesuma ketika dikonfirmasi menjelaskan, saat ini pihaknya tengah mengajukan usulan insentif tim medis Covid-19 di RSUD Klungkung ke pemerintah pusat dan provinsi.

Ada sekitar 30 orang yang mendapat insentif ini.

Mulai dari tenaga medis dan paramedis seperti dokter spesialis, dokter umum, perawat, hingga petugas operasional yang berhubungan langsung dengan perawatan pasien Covid-19.

"Insentif bagi tim medis Covid-19 di RSUD Klungkung untuk bulan April, sudah kami usulkan. Untuk tenaga medis dan paramedis kami usulkan ke pusat, sementara tenaga operasional seperti sopir ambulans, cleaning service ruang isolasi, petugas laundry, petugas steril alat, petugas disinfektan ruang isolasi usulan insentifnya ke provinsi," ujar dr I Nyoman Kesuma, Jumat (15/5/2020).

Sesuai dengan SK Kemenkes, insentif untuk dokter spesialis mencapai Rp 15 juta per bulan, dokter umum Rp 10 juta, perawat Rp 7,5 juta, dan petugas lainnya Rp 5 juta.

Itupun merupakan nominal maksimal, jika bekerja penuh dalam menangani pasien Covid-19.

"Pemberian insentif nanti tergantung jumlah hari jaga petugas itu. Kalau full 1 bulan jaga karena pasien juga full ada selama 1 bulan, maka kita usulkan untuk menerima insentif maksimal sesuai SK Menteri Kesehatan," ungkap Kesuma.

Sementara hingga berita ini diturunkan, RSUD Klungkung berhasil menyembuhkan seluruh pasien positif Covid-19.

Sehingga sementara ini RSUD Klungkung nihil kasus positif Covid-19 maupun PDP (pasien dalam pengawasan).

Sejak awal mencuat, RSUD Klungkung berhasil menyembuhkan 7 pasien positif Covid-19 dan 72 PDP (pasien dalam pengawasan).

(*)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved