Corona di Bali

Pemanfaatan Halaman Rumah untuk Produksi Bahan Pangan di Tengah Pandemi

Pemprov mengoptimalkan halaman atau pekarangan rumah warga untuk ditanami berbagai komoditi pangan kebutuhan sehari-hari

Istimewa
Kepala Dinas Pertanian Buleleng I Made Sumiarta menunjukan bibit sayuran yang akan dibagikan kepada masyarakat. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, I Wayan Sui Suadnyana

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali untuk menyediakan pangan pokok di masyarakat.

Salah satunya mengoptimalkan halaman atau pekarangan rumah warga untuk ditanami berbagai komoditi pangan kebutuhan sehari-hari.

Pemanfaatan halaman rumah untuk produksi bahan pangan pokok dilakukan karena melihat potensinya yang cukup luas, yaitu mencapai 2.000 hektare.

Selain itu, teknologi usaha tani di lahan pekarangan juga tersedia dan cukup mudah dilakukan.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Bali, Ida Bagus Wisnuardhana mengatakan, pihaknya melakukan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan dan telajakan melalui program Pekarangan Pangan Lestari (P2L).

BST 158 KPM di Kelurahan Kesiman Denpasar Dicairkan

Dinas Pertanian Siapkan 10.000 Bibit Sayuran untuk Masyarakat Buleleng

Melalui program P2L, telah disalurkan berbagai bibit sayuran, empon-empon dan bibit buah-buahan semusim kepada 108 Kelompok Wanita Tani (KWT) yang meliputi 3.605 Kepala Keluarga (KK).

"Di tengah-tengah pandemi Covid-19 saat ini, bahkan masyarakat secara swadaya atas bimbingan petugas teknis pertanian telah banyak mengembangkan tanaman pangan di lahan pekarangannya," kata Wisnuardhana melalui siaran pers yang diterima Tribun Bali, Jumat (15/5/2020).

Menurutnya, pekarangan yang sangat sempit dapat ditanami tanaman bahan pangan pokok, diantaranya dengan teknik vertikultur, hidrophonik dan tanaman dalam pot.

Saat ini sudah cukup banyak dikembangkan integrasi sayur dengan ikan lele (Sale) yang ditanami sayuran.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved