WIKI BALI

WIKI BALI - Peluang Karir Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Utilitas dan Konservasi Energi

Pendidikan pada Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Utilitas (Prodi STr TRU-MEP) Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bali

Website Politeknik Negeri Bali
Denah Kampus Politeknik Negeri Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Noviana Windri Rahmawati

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Jurusan Teknik Mesin saat ini menyelenggarakan tiga prodi salah satunya yaitu Prodi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Utilitas Mekanikal Pendingin dan Konservasi Energi (STr TRU-MEP)

Pendirian prodi STr TRU-MEP sudah ditetapkan dengan Keputusan Menteri Ristekdikti No. 200/KPT/I/2018 tentang Izin Pembukaan Program Studi Teknologi Rekayasa Utilitas Program Sarjana Terapan di Politeknik Negeri Bali.

Pendidikan pada Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Utilitas (Prodi STr TRU-MEP) Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bali mencakup disiplin ilmu teknik mekanikal dan elektrikal utilitas bangunan (Mechanical and Electrical Building Services).

Remaja 15 Tahun Tersangka Pembunuhan Kini Hamil 3,5 Bulan, Ternyata Korban Pemerkosaan

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Satgas Pangan Cek Kondisi Stok Sembako di Pasar Negara

Harga Ayam Boiler Meroket Sejak H-1 Pelaksanaan PKM di Kota Denpasar, Ini Daftarnya

Diantaranya yaitu HVAC (heating ventilating and air conditioning); Refrigerasi (Refrigeration); Pompa dan supplai air (pumps and cold/hot water supply); Sanitari dan air limbah (Sanitary and waste water systems); Transportasi bangunan (lift dan escalator); Elektrikal dan pembangkitan listrik (electricity and its generation); Pencahayaan (lighting system); Pemadam kebakaran (Fire Fighting system); Fire alarm (fire protection system); Telekomunikasi (Telephone, sound system, CCTV dan MATV).

Yang diperkuat dengan keunggulan potensi strategis lokal yang berpayung pada industri pariwisata dengan memanfaatkan teknologi informasi yaitu sistem otomasi dan kontrol bangunan (Building Automation and Control System, BACS) yang mengintegrasikan sistem mekanikal, elektrikal, plumbing (MEP) dan elektronika bangunan, energi berkelanjutan dan manajemen energi yang mendukung industri pariwisata dan pembangunan kepariwisataan nasional.

Disiplin ilmu bidang rekayasa utilitas mempunyai cakupan aplikasi yang sangat luas yang meliputi berbagai sektor:

·        Sektor domestik: aplikasi di rumah tangga seperti sistem pemipaan air bersih, sanitari, refrigerator dan AC (air conditioning).

WIKI BALI - Kualifikasi dan Fasilitas Program Studi D3 Teknik Mesin di Politeknik Negeri Bali

Setelah Pandemi Covid-19 Berakhir, 4 Hal Ini Akan Pengaruhi Harga Tiket Pesawat

Ipda I Gusti Ngurah Astawa Dibacok saat Bubarkan Tawuran, Begini Kondisi Terkininya

·        Sektor komersial: mall, supermarket, bandara, perkantoran, rumah sakit, bangunan pendidikan, konvensi, bangunan pertemuan, perbankan, warehouse dan restauran.

·        Sektor industri: perhotelan, transportasi, farmasi, industri kimia, industri perikanan, pengolahan pangan, industri manufaktur, industri informatika (data center).

Halaman
123
Penulis: Noviana Windri
Editor: Ida Ayu Suryantini Putri
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved