Corona di Bali

Dandim Tabanan Ajak Masyarakat Inovatif Kembangkan Ketahanan Pangan dengan Budidaya Lele & Kangkung

Dandim 1619/Tabanan, Letkol Inf Toni Sri Hartanto mengajak masyarakatnya untuk produktif, inovatif dan kreatif

Dok. Pendam IX Udayana
Kodim 1619/Tabanan melakukan budidaya tanaman untuk ketahanan pangan. 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM,TABANAN - Di tengah masa sulit pandemi Covid-19, Dandim 1619/Tabanan, Letkol Inf Toni Sri Hartanto mengajak masyarakatnya untuk produktif, inovatif dan kreatif seperti yang dilakukan satuannya.

"Menyikapi situasi di masa pandemi COVID-19 ini yang sangat berdampak terhadap perekonomian masyarakat secara luas mengajak dan mengimbau kepada warga masyarakat untuk mencoba mengembangkan ketahanan pangan (Hanpangan) berupa budidaya lele dan kangkung," terang Dandim dalam rilis yang diterima Tribun Bali, Sabtu (16/5/2020).

Budidaya lele dan kangkung dapat dilakukan dengan memanfaatkan media sederhana berupa ember di pekarangan-pekarangan rumah masing-masing.

"Hasilnya sangat bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan pangan keluarga di masa sulit seperti saat ini," kata Letkol Inf Toni Sri Hartanto.

Lion Air Group Terbangkan 978 Penumpang Sehari Pastikan Ikuti Protokol Kesehatan Hingga di Pesawat

WIKI BALI - Ramalan Zodiak 16-22 Mei 2020, Pisces Jangan Mengabaikan Keluarga, Bagaimana Zodiakmu ?

Para Nenek Ini Memiliki Penampilan yang Awet Muda, Apa Saja Rahasia Mereka Agar Awet Muda ?

Menurut Dandim, di masa pandemi Covid-19 harus memiliki terobosan-terobosan untuk meningkatkan ketahanan pangan masyarakat yang dapat diciptakan atau dikembangkan di lingkungan masing-masing.

"Untuk yang memiliki lahan silakan diolah dan ditanami tanaman-tanaman yang bermanfaat untuk ketahanan pangan seperti ubi jalar, singkong, jagung, sayur mayur dan buah bahkan kalau yang memiliki lahan yang mendapatkan suplay air yang cukup pengembangan perikanan juga bagus," papar dia.

Untuk yang memiliki lahan terbatas pengembangan budidaya lele dan kangkung dalam ember sangat efektif dan efisien serta sederhana dalam pembuatan maupun pemeliharaan.

"Kita Kodim 1619/Tabanan dan jajaran sudah mulai mengembangkannya mudah-mudahan dalam 2-3 bulan ke depan sudah dapat menikmati hasilnya," terangnya

Pihaknya berharap, selain mengikuti anjuran dan instruksi pemerintah untuk melaksanakan protokol kesehatan dan tinggal di rumah, masyarakat bisa memanfaatkan waktu luang untuk mengembangkan budidaya lele dan kangkung di rumah.

"Kita semua juga berharap agar pandemi COVID-19 ini segera berlalu, namun demikian kita tidak juga hanya menunggu, tapi kita harus berusaha untuk melalui masa pandemi ini dengan baik dan dapat memenuhi kebutuhan pangan keluarga," tuturnya.

"Untuk itu saya mengajak untuk menguatkan ketahanan pangan kita mari bersama-sama mengembangkan budidaya pertanian maupun perikanan yang dapat dikembangkan oleh segala lapisan masyarakat," imbuh Dandim.

Dandim juga telah menyerahkan peralatan ember kepada perwakilan Koramil Jajaran untuk mengembangkan budidaya lele dan kangkung, serta segera dibuat di Koramil-Koramil Jajaran Kodim 1619/Tabanan. (*).

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved