Corona di Bali

Uptade Covid-19 di Bali: Begini Jalannya Penerapan PKM Hari Pertama di Kota Denpasar

Pemkot Denpasar akhirnya menerapkan kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) mulai Jumat (15/5/2020) kemarin.

Tribun Bali/Rizal Fanany
Petugas melakukan pemeriksaan terhadap pengendara yang memasuki zona Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Pos Induk Umanyar, Ubung, Denpasar, Bali, Jumat (15/5/2020). 

TRIBUN-BALI.COM - Pemkot Denpasar akhirnya menerapkan kebijakan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) mulai Jumat (15/5/2020) kemarin.

Hari ini merupakan hari kedua pelaksanaannya.

PKM bertujuan untuk percepatan penanganan virus corona atau Covid-19 di Kota Denpasar sesuai Peraturan Wali Kota (Perwali) Nomor 32 Tahun 2020.

Sebelumnya, Pemkot Denpasar menyebut PKM tidak sama dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pelaksana Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Koya Denpasar, I Made Toya, mengatakan PKM ini tak sama dengan PSBB.

“PKM ini membatasi kegiatan masyarakat, jadi kegiatan masyarakat yang dibatasi, contoh keluar rumah, yang tidak perlu jangan keluar rumah dulu. Dari sisi perekonomian tetap berjalan dengan merujuk protokol kesehatan,” kata Toya, Senin (11/5/2020).

Terkait penerapannya, didirikan 1 Pos Induk di Umanyar Ubung dan 7 Pos Pantau yang tersebar di sejumlah titik Kota Denpasar.

Tujuh titik lain yang dilakukan penjagaan yakni Pos AYani, Pos Mahendrata-Gunung Salak, Pos Imam Bonjol - Pulau Galang, Pos Gatot Subroto - Kebo Iwa, Pos Biaung, Pos Trengguli - Penatih, dan Pos Pesanggaran..

Kemarin, Kapolresta Denpasar AKBP Jensen Avitus Panjaitan S.IK., M.H. menegaskan sanksi baik administratif maupun adat baru akan diberikan kepada masyarakat yang tidak patuh setelah satu minggu pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM).

Untuk pekan awal pemberlakukan PKM petugas mengutamakan langkah persuasif dengan mengingatkan, mengimbau dan menyampaikan pesan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan saat meninjau langsung pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PKM) di Pos Induk Umanyar - Ubung, Denpasar, Bali, pada Jumat (15/5/2020)

"Tahap awal satu minggu pertama ini kita tekankan untuk mengingatkan, mengimbau dan menyampaikan ke masyarakat agar lebih tertib dan disiplin dengan adanya perwali ini satu minggu kita gunakam sosialisasi," ujar Kapolresta.

Halaman
123
Penulis: Widyartha Suryawan
Editor: Ady Sucipto
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved