16 Negara Gagal Jalankan Pemilu Saat Pendemi Corona, Pilkada di Indonesia Harus Dikaji

Padahal bagaimanapun situasinya, Pilkada harus digelar dengan menjamin hak asasi manusia untuk tetap sehat dan aman.

NET
Ilustrasi Pilkada Serentak 

Opsi Pilkada Desember Mesti Dikaji Lagi
Tak Boleh Bahayakan Petugas dan Pemilih

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Opsi Pilkada yang digelar pada Desember mendatang dinilai perlu dikaji. Jika tidak memungkinkan, Pilkada hendaknya tak dipaksakan.

Direktur Eksekutif Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini mengatakan, apabila Pilkada digelar pada Desember, maka tahapan semestinya harus sudah dilaksanakan pada Juni 2020.

Hanya saja, ia melihat belum ada kepastian dari berbagai pihak mengenai kapan pandemi ini akan berakhir atau mereda.

Padahal bagaimanapun situasinya, Pilkada harus digelar dengan menjamin hak asasi manusia untuk tetap sehat dan aman.

"Artinya Pilkada tidak boleh diselenggarakan dengan membahayakan kesehatan dan keselamatan petugas pemilih maupun peserta pemilihan. Namun, dengan rencana pelaksanaan Pilkada di tengah situasi wabah Covid-19 ini, dikhawatirkan jaminan terhadap hak asasi tersebut tak dapat terpenuhi," katanya dalam sebuah diskusi, Minggu (17/5/2020).

Kata dia, apabila persoalan ini tidak ditanggapi dengan serius, maka bukan tidak mungkin akan berdampak pada menurunnya kepercayaan publik pada demokrasi.

Menurut dia, sebagai penyelenggara, KPU hendaknya harus berani membuat keputusan untuk menunda bila memang atas keyakinan dan kemandirian KPU, bahwa Desember 2020 tidak memungkinkan untuk pelaksanaan Pilkada

"Harus dilakukan mitigasi risiko secara komprehensif oleh penyelenggara pemilu, mulai pelaksanaan, tahapan pilkada dan risiko penyebaran Covid-19," ujar dia.

Ia sepakat dengan pernyataan organisasi kesehatan dunia, WHO yang mengatakan bahwa pandemi ini tidak akan hilang 100 persen dari muka bumi.

Halaman
12
Penulis: Ragil Armando
Editor: I Putu Darmendra
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved