Breaking News:

Anda Penderita Diabetes Berusia 45 Tahun? Ini Pilihan Olahraga yang Dianjurkan Dokter

Anda Penderita Diabetes Berusia 45 Tahun? Ini Pilihan Olahraga yang Dianjurkan Dokter

net
Ilustrasi Diabetes 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Penderita diabetes tetap harus menjalankan olahraga untuk membantu mengontrol gula darah dan menjaga imunitas tubuh.

Yang perlu diperhatikan bagi penderita diabetes di atas usia 45 tahun, intensitas olehraga mereka harus diturunkan untuk menyesuaikan kemampuan tubuh.

Dokter Spesialis Gizi Klinis, dr. Ida Gunawan, MS, SpG(K) menyebutkan olahraga yang cocok bagi penderita diabetes di usia 45 tahun ke atas adalah olahraga intensitas sedang dan rendah.

Pilihannya adalah olahraga seperti jalan pagi maupun joging, atau bersepeda tapi tidak perlu cepat-cepat, santai saja sekitar 30-45 menit.

"Contohnya Anda lakukan olahraga yang dengan intensitas menengah itu yang paling baik ya contohnya apa jalan-jalan joging tapi jangan terlalu kencang larinya kemudian bersepeda ya atau senam diabetes," ungkap dr. Ida saat live instagram bersama diabetasol, Senin (18/5/2020).

Kemudian ada juga senam diabetes yang sudah disesuaikan dengan efek diabetes dengan mempertimbangkan kondisi pembuluh darah. Senam diabetes ini juga sudah banyak ditemui di youtube.

"Senam diabetes itu paling cocok buat diabetes karena aktivitasnya olahraganya cocok sehingga mempertimbangkan bagaimana kondisi pembuluh darahnya," tutur dr. Ida.

Berdansa pun bisa dijadikan olahraga untuk diabetes tapi dr. Ida mengingatkan tentang pemilihan sepatu yang baik agar jangan sampai menyebabkan luka.

"Kamu dansa dansa juga baik tuh ya, tapi harus memperhatikan pakai sepatunya ya. Jangan sampai terlalu sempit nanti malah terjadi luka," pungkas dr Ida.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Pilihan Olahraga Bagi Penderita Diabetes di Atas Usia 45 Tahun

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved