Breaking News:

Corona di Bali

Siswa Tidak Mampu di Buleleng Dapat Bantuan Kuota Internet

Seluruh sekolah dapat menggunakan dana BOS untuk menunjang proses pembelajaran secara online (daring)

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani | Editor: Aloisius H Manggol
Foto ilustrasi perempuan bermain ponsel sebelum tidur 

TRIBUN-BALI.COM, SINGARAJA - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI telah mengeluarkan kebijakan agar seluruh sekolah dapat menggunakan dana BOS untuk menunjang proses pembelajaran secara online (daring), selama pandemi Covid-19. Artinya, sekolah bisa menggunakan dana BOS untuk membelikan kuota internet bagi siswa-siswinya yang kurang mampu.

Plt Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Buleleng, Made Astika pada Jumat (22/5) mengatakan, jumlah kuota internet yang diberikan untuk siswa tidak diatur dalam kebijakan Kemendikbud. Namun kata Astika, bila kuota internet hanya untuk digunakan untuk daring, maka diperkirakan jumlah kuota yang dibutuhkan dalam satu bulan sebanyak 4 GB, atau senilai Rp 50 ribu per bulan.

"Kuota internet untuk siswa kurang mampu bisa dibiayai oleh sekolah melalui dana BOS. Tidak ada ketentuan dapat berapa gigabyte (GB). Diserahkan sepenuhnya ke sekolah untuk menghitung berapa kira-kira yang dibutuhkan, sehingga daring bisa berjalan dengan optimal," terang Astika.

Salah satu sekolah yang sudah memberikan kuota internet untuk siswa kurang mampu ialah SMP Negeri 1 Singaraja. Kepala Sekolah SMP 1 Singaraja, Ni Putu Karnadhi
mengatakan, kuota internet sudah diberikan kepada 15 siswa kurang mampu yang ada di sekolah tersebut, untuk digunakan mengikuti Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau yang biasa disebut Ulangan Akhir Semester (UAS), yang sudah dilaksanakan mulai tanggal 11 sampai 16 Mei 2020.

"Sekarang PAT nya dilakukan secara online, serentak. Tidak pakai google form lagi. Dana BOS untuk pembelian kuota internet itu sudah kami berikan ke masing-masing wali kelas, dan wali kelasnya yang mengirimkan pulsa ke siswa masing-masing Rp 50 ribu untuk digunakan paket internet," terang Karnadhi. (rtu)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved