Wiki Bali

WIKI BALI - Berbagi Cerita dan Pengalaman Eno Menjadi Beauty & Fashion Blogger Muslimah Bali

Berawal dari keisengannya memoles wajah teman kuliah, membuat Retno Susanti mengawali karirnya menjadi beauty & fashion blogger muslimah Bali.

Dok. Retno Susanti
Retno Susanti atau lebih dikenal dengan nama Eno salah satu beauty & fashion blogger muslimah Bali. 

Laporan Wartawan Tribun Bali, Noviana Windri Rahmawati

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR – Berawal dari keisengannya memoles wajah teman kuliah dengan make up dan hijab do, membuat Retno Susanti atau lebih dikenal dengan nama Eno mengawali karirnya menjadi salah satu beauty & fashion blogger muslimah Bali.

Terhitung sejak tahun 2017, Eno telah menekuni dunia blogger dan mulai membagikan video tutorial make up di instagram maupun youtube pribadinya pada awal Januari 2019.

“Aku suka dunia perbeautian udah lama. Ketika masih jaman kuliah iseng-iseng make up-in temen sekaligus hijab do,” ujarnya kepada Tribun Bali, Jumat (22/5/2020).

Ramalan Zodiak 23 Mei 2020, Keuangan Cancer Dalam Kondisi Buruk, Aquarius Jangan Terlalu Boros

Ini 6 Zodiak yang Suka Menyembunyikan Perasaan Mereka, Libra yang Terlalu Emosional Sangat Kuat

Ini 4 Sikap Positif yang Perlu Dimiliki Saat Hadapi Pandemi Covid-19, Sikap Menghargai Hingga Empati

Selain membagikan tutorial make up, tak jarang juga Eno membagikan inspirasi fashion hijab di akun instagramnya @eenno_ yang telah memiliki 13,7 ribu pengikut.

Bagi wanita yang juga menjadi salah satu founder Hijab Sister Bali ini, penampilan dan make up untuk seorang wanita sangatlah penting karena menjadi bagian dari hidup wanita dan menambah kepercayaan diri.

“Penampilan dan make up itu penting banget. Make up sudah menjadi bagian hidup wanita dan menambah kepercayaan diri. Bagi aku, make up adalah cara aku untuk menghargai diri sendiri dan merawat apa yang Allah udah kasih sama aku,” sambungnya.

Menjadi seorang beauty & fashion blogger tentu memiliki tantangan tersendiri, terlebih menjadi beauty blogger muslimah Bali.

Dimana di Bali adalah mayoritas penduduk beragama Hindu.

Namun, meski menjadi minoritas, Eno yang juga tergabung dalam komunitas Bali Beauty Blogger ini mengaku tidak merasakan adanya tantangan tersendiri.

Bahkan, ia diterima dengan sangat terbuka dan humble oleh para beauty blogger/vlogger lainnya.

“Tantangan sejauh ini gak ada sih, karena semua temen-temen komunitas beauty bloggerku ada asli Bali. Dan yah aku memang minoritas tapi mereka sangat wellcome dan humble sama aku,” lanjutnya.

Terakhir, Eno kembali mengingatkan kepada beauty blogger dan vlogger muslimah di Bali untuk lebih selektif memilih produk yang dikirimkan oleh brand.

“Sedikit case sih mungkin kita sebagai beauty blogger/vlogger muslim di Bali lebih selektif memilih produk yang dikirim oleh brand. Lebih teliti mengecek ingredientnya, halal tidaknya,” pungkasnya.(*)

Penulis: Noviana Windri
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved