8 Ribu KK Di Tabanan Kebagian Paket Sayur, Bantu Petani Panen Sayur 40 Ton

8 Ribu KK Di Tabanan Kebagian Paket Sayur, Bantu Petani Panen Sayur 40 Ton

TRIBUN BALI/I MADE PRASETIA ARYAWAN
8 Ribu KK Di Tabanan Kebagian Paket Sayur, Bantu Petani Panen Sayur 40 Ton 

Terobosan Bupati Eka, 8 Ribu KK Di Tabanan Kebagian Paket Sayur

*Bantu Petani Panen Raya Sayur Hijau 40 Ton

TABANAN, TRIBUN BALI - Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti bersama jajaran Forkopimda melakukan panen raya sayur hijau milik petani di Desa Bengkel Buduk, Kediri, Tabanan, Rabu (27/5). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan semangat dan menyerap hasil panen para petani yang menggantungkan hidupnya di sektor pertanian. Selain itu, saat pandemi para petani kebingungan untuk memasarkan produknya dan cenderung tak laku di pasaran. Selain kesulitan pemasaran, harga sayur hijau di pasaran sangat anjlok mencapai dibawah Rp. 1.000 dari sebelumnya sekitar Rp. 3.000-Rp. 4.000.

Sesuai data dilapangan, total panen yang dihasilkan saat itu sebanyak 40 ton sayur hijau seharga Rp. 80 juta. Dari 40 ton tersebut, Bupati Eka secara pribadi membeli sebanyak 10 ton sayur hijau seharga Rp 20 juta dan sisanya 30 ton seharga Rp 60 juta dibayarkan melalui Dompet Peduli Covid-19 Pemkab Tabanan. Total sayur 40 tin tersebut akan diberikan kepada 8 ribu KK yang ada di 6 Kecamatan Kabupaten Tabanan. 

“Sayur ini akan didistribusikan di 6 kecamatan di wilayah Kabupaten Tabanan, yakni Kediri, Tabanan, Kerambitan, Seltim, Selemadeg dan Selbar. Sasaran yang diberikan sayur secara cuma-cuma ini  adalah masyarakat DTKS dan Non DTKS serta 6 LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) terdampak Covid-19,” kata Bupati Eka, Rabu (27/5). 

Ia melanjutkan, sangat bersyukur mempunyai jajaran Forkopimda beserta OPD yang sigap memberi informasi kegiatan masyarakat di wilayahnya, sehinngga kondisi dan keluhan masyarakat bisa segera ditanggulangi. Kedepannya Ia meminta agar seluruh jajaran Forkopimda beserta OPD dan GTPP Covid-19 Tabanan selalu sigap melaporkan keadaan masyarakat.

“Astungkara kita punya yang namanya Dompet Peduli Covid-19. Dana yang masuk disitu adalah dana masyarakat Tabanan. Jadi ada ASN disitu pegawai negeri kita yang menyumbang, ada dokter, perawat, masyarakat, siapapun boleh menyumbang dan yang sudah terkumpul hari ini sekitar Rp 300 juta,” ungkap Bupati Eka.

Dana yang terkumpul di Dompet Peduli ini, kata dia, memang khusus disiapkan untuk situasi darurat seperti saat ini yang sifatnya mendadak. Ia juga mengakui, dengan keterbatasan anggaran dari Pemkab Tabanan, salah satu solusi menghadapi keadaan krisis ini yakni dengan cara Dompet peduli ini.

Selain panen raya, Bupati Eka juga membagikan 86 paket sembako termasuk 200 masker dari Perusda kepada masyarakat Desa Bengkel, sekaligus saat itu memberikan punia kepada Kelompok Tani di subak setempat.

Bupati Eka juga menyampaikan apresiasi kepada para Petani setempat khususnya petani muda di Desa bengkel karena mau terjun dalam pertanian di era global saat ini. Ia berharap kedepannya makin banyak tumbuh petani-petani muda lainnya di Tabanan yang bisa mensejahterakan kehidupan masyarakat di desanya.

Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved