Corona di Bali

Gubernur Koster Ingin Bali Dipersiapkan Buka Secara Hati-hati

Menurutnya, sektor yang dibuka lebih dulu adalah yang paling aman dan resikonya paling kecil serta tidak terjadi penularan

Tribun Bali/Adrian Amurwonegoro
Wisawatan menikmati suasana sore hari di Pantai Kelan, Selasa (18/2/2020) 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali ingin mempersiapkan diri seandainya Pulau Dewata sudah akan dibuka.

Ini dilakukan agar risiko virus corona atau Covid-19 pada gelombang kedua yang tidak berdampak lebih buruk.

Selain itu, pembukaan Bali nantinya dilakukan dengan melihat kesehatan mental masyarakat.

“Kami ingin agar pelaksanaannya ini berjalan dengan betul-betul prudent, ekstra hati-hati," kata Gubernur Bali, Wayan Koster dalam rapat koordinasi tingkat menteri terkait tindak lanjut pelaksanaan Protokol Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 melalui Teleconference dari Gedung Gajah, Jaya Sabha, Selasa (26/5/2020).

Dalam rakor yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bali Dewa Made Indra itu, Koster mengaku akan memetakan sektor mana saja yang akan dibuka secara bertahap.

Menurutnya, sektor yang dibuka lebih dulu adalah yang paling aman dan resikonya paling kecil serta tidak terjadi penularan.

Pembukaan ini pun terbatas pada daerah-daerah yang dianggap sudah aman sesuai hasil pemetaan.

Mantan anggota DPR RI itu mengatakan, pihaknya kini sedang menyusun protokol tata kehidupan Bali Era Baru yang sejalan dengan Protokol Kesehatan Masyarakat Produktif dan Aman Covid-19 yang akan diterapkan di sektor-sektor yang akan dibuka tersebut.

Oleh karena itu, dalam rakor tersebut Koster meminta waktu untuk berdiskusi dengan Bupati/Walikota se-Bali serta pihak-pihak terkait agar protokol ini bisa dijalankan dengan baik.

“Kami harus melakukan diskusi bersama-sama dengan Bupati/Walikota se-Bali yang siap dan tentu sesuai dengan indikator yang Bapak arahkan tadi sehingga betul-betul bisa menjalankan ini dengan terukur, tertib, disiplin agar Bali ini betul-betul bisa berjalan tanpa harus mengalami guncangan berikutnya,” tegasnya.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Sui Suadnyana
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved