Virus Corona

Dihantam Pandemi Corona, Kota Semegah Dubai Kini Krisis Ekonomi

Nasib bagaimana terpukulnya sektor pariwisata bisa dilihat di salah satu kota surganya hiburan dan rekreasi, Dubai.

klook.com
Burj Khalifa Dubai 

TRIBUN-BALI.COM - Berbagai sektor ekonomi tergerus akibat dampak pandemi virus Corona.

Namun, jika dari pengamatan kacamata awam, salah satu sektor yang jelas sangat terpukul akibat penyebaran Covid-19 adalah sektor pariwisata.

Iya, dengan langkah pencegahan Covid-19 berupa physical distancing dan mengindari kerumunan, sudah barang tentu sektor pariwisata sangat terbentur dalam sejak pandemi global ini karena kegiatan tersebut sering dijalankan dengan kerumunan orang atau massa.

Nasib bagaimana terpukulnya sektor pariwisata bisa dilihat di salah satu kota surganya hiburan dan rekreasi, Dubai.

Di distrik Marina Dubai yang mewah, kapal pesiar putih ditambatkan ke dermaga, tertonggok tak bergerak, seperti nasib banyak perusahaan di balik industri gaya hidup mewah yang dihantam oleh krisis virus corona.

"Hampir 95 persen omset telah hilang," kata manajer perusahaan penyewaan kapal pesiar kepada AFP.

Ketika Uni Emirat Arab menghentikan semua penerbangan komersial dan memberlakukan jam malam yang ketat untuk membendung penyebaran virus COVID-19, bisnis perjalanan wisata mengering kerontang bak suasana terik di gurun Sahara.

Melansir laman Kontan/DW.com berjudul Dubai: Selamat Tinggal Kemewahan?, meski sumber minyak Uni Emirat Arab tidak sebanyak yang lain, Dubai memiliki sektor ekonomi yang paling beragam di kawasan Teluk, dan berhasil membangun reputasi sebagai pusat keuangan, perdagangan, dan pariwisata yang menarik sekitar 16 juta pengunjung per tahunnya.

Sektor jasa di kosmopolitan ini didorong oleh ratusan ribu orang pekerja asing, mulai dari pekerja migran yang super kaya hingga berpenghasilan rendah yang hidup di belakang layar kehidupan kelas atas.

Akankah Dubai melupakan kemewahan?

Halaman
1234
Editor: Eviera Paramita Sandi
Sumber: TribunnewsWiki
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved