Breaking News:

Corona di Indonesia

Tribunnews Gelar Marathon Instagram Live Bertajuk New Normal di Penjuru Indonesia Episode Pertama

Tribunnews Gelar Marathon Instagram Live Bertajuk New Normal di Penjuru Indonesia Episode Pertama

Penulis: I Wayan Sui Suadnyana | Editor: Aloisius H Manggol
Ist
Tribunnews Gelar Marathon Instagram Live Bertajuk New Normal di Penjuru Indonesia Episode Pertama 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Di tengah pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Tribunnews melaksanakan Marathon Instagram LIVE bersama empat jaringannya di berbagai daerah, Jum'at (29/5/2020). Selain bersama Tribun Bali, Marathon Instagram LIVE bertajuk #matalokallive "New Normal di Penjuru Indonesia Episode Pertama" itu juga diikuti Tribun Medan, Tribun Pontianak dan Tribun Solo.

Dalam perbincangan isu new normal di tengah pandemi Covid-19 ini, diikuti oleh Pemimpin Redaksi Tribun Bali Sunarko. Dalam kesempatan itu, Sunarko membagikan situasi dan kondisi Bali di tengah menghadapi pandemi Covid-19. Dirinya menceritakan, penanganan pandemi Covid-19 di Bali disinyalir menjadi paling baik di Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari angka kematian yang sedikit yakni baru mencapai empat orang. Sedangkan tingkat kesembuhan pasien positif Covid-19 di Pulau Dewata sudah lebih dari 60 persen.

Sebetulnya, kata Sunarko, Bali tidak menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) seperti yang dilakukan daerah lain di Indonesia. Hanya saja, pemerintah di Bali memang memberikan berbagai pembatasan sejak awal adanya kasus pasien yang positif Covid-19. "Tapi kita tidak menerapkan PSBB. Di Kota Denpasar memang ada pembatasan, tapi ini bukan PSBB seperti di daerah-daerah lain di Indonesia. Namanya PKM, Pembatasan Kegiatan Masyarakat," tuturnya.

PKM yang diterapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Denpasar itu sudah dilakukan mulai 15 Mei lalu. Nantinya kebijakan ini akan dievaluasi oleh Pemkot Denpasar sehingga bisa saja diperpanjang atau tidak. Melalui PKM ini, Pemkot Denpasar melakukan pembatasan kunjungan masyarakat dari wilayah lainnya di Bali. Terdapat berbagai pos pantau yang didirikan oleh Pemkot Denpasar di berbagai jalan yang menjadi pintu masuk ibukota Provinsi Bali itu. "Jadi orang yang dari luar yang akan masuk Denpasar di situ dicek, itu salah satu cara mencegah penyebaran virus ini," kata dia.

Mengenai kasus pasien positif di Bali, Sunarko menceritakan, hampir setiap hari ada penambahan meski dalam jumlah sedikit. Saat ini kasus penambahan pasien positif Covid-19 di Pulau Seribu Pura ini lebih banyak disebabkan oleh transmisi lokal. Namun jika dilihat secara akumulatif, jumlah pasien positif Covid-19 lebih banyak disebabkan karena imported case atau yang dibawa dari luar. Kasus positif Covid-19 di Bali lebih banyak melalui imported case karena dibawa oleh Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang dari luar negeri.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali sendiri, tutur Sunarko, sangat berhati-hati dalam menyikapi isu new normal yang digaungkan oleh pemerintah pusat. Nantinya jika Bali akan menerapkan new normal, hal itu akan diterapkan secara bertahap. "Jadi begini nanti dievaluasi bidang apa dulu yang dibuka, geografinya di mana dulu, jadi enggak serentak semua, jadi bertahap. Nanti dievaluasi dulu, kalau itu baik bisa diperluas ke tahap berikutnya. Yang terakhir sektor pariwisata," jelasnya.

Dijelaskan olehnya, sektor pariwisata menjadi yang paling terpukul akibat pandemi Covid-19. Terlebih pariwisata menjadi tulang punggung bagi perekonomian masyarakat Bali. "Jadi ketika pariwisatanya seperti sekarang akibat virus, ya imbas rentetannya itu apakah hotel, katering sampai ke guide juga begitu (terdampak)," paparnya.

Namun di tengah pariwisata yang lesu, berbagai pihak mempunyai beberapa ide di tengah pandemi. Beberapa hari terkahir muncul strategi pemasaran hotel via daring (online) dengan mekanisme beli sekarang namun menginapnya nanti usai pandemi berakhir. Melalui mekanisme pemasaran ini, pihak hotel juga "menjual" harga kamarnya lebih miring dari biasanya. (*)

Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved