SEDANG BERLANGSUNG Belajar dari Rumah TVRI 31 Mei 2020, Ada Telaga Aksara di Lembah Cemara

SEDANG BERLANGSUNG Live Streaming Program Belajar dari Rumah TVRI Minggu 31 Mei 2020, Ada Telaga Aksara di Lembah Cemara hingga Gambar Cadas Nusantara

Tribun Bali/Dwi Suputra
Ilustrasi - Jadwal dan link streaming program Belajar dari Rumah TVRI hari ini. 
Laporan Wartawan Tribun Bali, Ni Kadek Rika Riyanti
TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR - Sedang berlangsung program Belajar dari Rumah TVRI Minggu (31/5/2020) Cerita Minggu Pagi edisi Jalan Sesama pukul 08.00 WITA.
Hari ini, Minggu (31/5/2020), program Belajar dari Rumah TVRI kembali hadir menyuguhkan tayangan menarik dan mendidik bagi para peserta didik.
Berbagai tayangan telah disiapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menemani masa belajar siswa di rumah selama pandemi Covid-19.
Kembali hadir seperti minggu sebelumnya, Cerita Minggu Pagi edisi Jalan Sesama yang dimulai pukul 08.00 WIB. 
Dilanjutkan dengan Ragam Indonesia yakni Telaga Aksara di Lembah Cemara, Digitalisasi Kesenian Tari Saman, dan Gambar Cadas Nusantara pukul 08.30 WIB.
Untuk lebih lengkapnya, berikut jadwal tayang Program Belajar dari Rumah, Minggu (31/5/2020), yang dikutip dari Kemdikbud.go.id:
Minggu (31/5/2020)
08.00 - 08.30 WIB
Cerita Minggu Pagi:
Jalan Sesama
08.30 - 10.00 WIB
Ragam Indonesia: 
- Telaga Aksara di Lembah Cemara 
- Digitalisasi Kesenian Tari Saman 
- Gambar Cadas Nusantara
10.00 - 10.30 WIB
Podbox: Sastra
Jadwal ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud.
Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.
Dikutip dari website resmi Kemdikbud.go.id, Kemendikbud menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. 
Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Regulasi, Chatarina Muliana Girsang menyampaikan Surat Edaran Nomor 15 ini untuk memperkuat Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19).
“Saat ini layanan pembelajaran masih mengikuti SE Mendikbud nomor 4 tahun 2020 yang diperkuat dengan SE Sesjen nomor 15 tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan BDR selama darurat Covid-19,” ujar Chatarina pada Bincang Sore secara daring, di Jakarta, pada Kamis (28/5/2020).
Pada surat edaran ini disebutkan bahwa tujuan dari pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) adalah memastikan pemenuhan hak peserta didik untuk mendapatkan layanan pendidikan selama darurat Covid-19, melindungi warga satuan pendidikan dari dampak buruk Covid-19, mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan dan memastikan pemenuhan dukungan psikososial bagi pendidik, peserta didik, dan orang tua.
“Pilihannya saat ini yang utama adalah memutus mata rantai Covid-19 dengan kondisi yang ada semaksimal mungkin, dengan tetap berupaya memenuhi layanan pendidikan. Prinsipnya keselamatan dan kesehatan lahir batin peserta didik, pendidik, kepala sekolah, dan seluruh warga satuan pendidikan adalah menjadi pertimbangan yang utama dalam pelaksanaan belajar dari rumah,” ungkap Chatarina.
Kembali Chatarina mengingatkan bahwa, kegiatan BDR dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi peserta didik, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum serta difokuskan pada pendidikan kecakapan hidup, antara lain mengenai pandemi Covid-19. 
“Materi pembelajaran bersifat inklusif sesuai dengan usia dan jenjang pendidikan, konteks budaya, karakter dan jenis kekhususan peserta didik,” jelasnya.
Ditambahkan olehnya, aktivitas dan penugasan BDR dapat bervariasi antar daerah, satuan pendidikan dan peserta didik sesuai minat dan kondisi masing-masing, termasuk mempertimbangkan kesenjangan akses terhadap fasilitas BDR. 
“Hasil belajar peserta didik selama BDR diberi umpan balik yang bersifat kualitatif dan berguna dari guru tanpa diharuskan memberi skor/nilai kuantitatif, serta mengedapankan pola interaksi dan komunikasi yang positif antara guru dengan orang tua,” tutupnya.
Selain dapat disaksikan di televisi nasional, Tribunners juga dapat menyaksikan program Belajar dari Rumah secara live streaming pada link-link berikut:
(*)
Penulis: Ni Kadek Rika Riyanti
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved