Corona di Indonesia

Simak Upaya Cegah Penularan Covid-19 Menurut Ahli

Saat ini berbagai lembaga di seluruh dunia terus mengupayakan menghadirkan vaksin untuk penangan virus corona

ABC
Sebuah karya seni komputer dari coronavirus, dinamai sesuai dengan corona, atau mahkota, protein permukaan (titik-titik luar) yang digunakan untuk menembus sel inang. 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Saat ini berbagai lembaga di seluruh dunia terus mengupayakan menghadirkan vaksin untuk penangan virus corona (covid-19).

Vaksinolog Dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD menjelasan kehadiran vaksin memang sangat dinantikan karena vaksin dapat mencegah seseorang terjangkit covid-19.

"Vaksin diberikan kepada seseorang untuk kekebalan tanpa harus sakit, kalau obat kan harus zakit dulu, covid-19 ini bukan main-main, vaksinasi jadi sangat penting," kata dr. Dirga saat live instagram bersama dr. @ardisantoso, Senin (1/6/2020).

Pembuatan vaksin ini sangat sulit dan membutuhkan waktu yang lama hingga bertahun-tahun karena harus ada tahap pengeckan kembaki terkait keamanan dan efektivtas.

Namun melihat ganasnya vaksin covid-19 yang terus menyebabkan korban meninggal ada langkah cepat yang diambil namun tetap memperhatikan keamanan, jangan sampai menimbulkan efek samping.

"Sekarang kondisinya beda, ini pandemi seluruh dunia kalau membuat vaksin mengikuti tahapan akan lama banget dan semakin banyak korban berjatuhan jadi semua dipercepat tanpa mengorbankan aspek safety," ungkap dr. Dirga.

Walaupun prosesnya cepat dr. Dirga menyebutkan tetap ada tahapan sampling yang terbagi menjadi menjadi beberapa fase sampai vaksin dinyatakan aman untuk diproduksi.

Selagi menunggu vaksin, dr. Dirga menyebutkan yang bisa dilakukan saat ini adalah menghindari virus corona dengan melakukan tiga langkah pencegahan utama.

Pertama adalah memakai masker, menjaga jarak minimal satu meter dengan orang lain dan yang terakhir adalah mencuci tangan dengan air bersih. Jangan memegang bagian mata, hidung, dan mulut sebelum mencuci tangan.

"Kalau tiga itu dilakukan secara konsisten jauh akan meminimalisir, kalau ada vaksin nanti akan mudah dikendalikan, entah kapan baru bisa kembali pelan-pelam seperti kemarin," pungkas dr.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Vaksin Belum Ada, Simak Upaya Cegah Penularan Covid-19 Menurut Ahli

Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved