Corona di Bali

Kodim 1616/Gianyar Cetak Generasi Muda Berjiwa Ksatria di Tengah Pandemi Covid-19

Sebanyak 25 siswa dan siswi dari berbagai sekolah menengah di Gianyar, Bali, mengikuti Program Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1616/Gianyar

Dok. Pendam IX/Udayana
Program Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1616/Gianyar Semester I Tahun Anggaran 2020 di Markas Kodim 1616/ Gianyar, Bali, pada Jumat (05/06/2020). 

Laporan wartawan Tribun Bali, Adrian Amurwonegoro

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Sebanyak 25 siswa dan siswi dari berbagai sekolah menengah di Gianyar, Bali, mengikuti Program Pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1616/Gianyar Semester I Tahun Anggaran 2020.

Kegiatan ini tetap dilaksanakan walaupun dalam situasi Pandemi Covid-19 dengan menjalankan protokol kesehatan secara ketat di Markas Kodim 1616/ Gianyar, Bali pada Jumat (5/6/2020).

Kegiatan pembinaan Pramuka Saka Wira Kartika ini dilaksanakan sesuai program pada Semester I TA. 2020 dengan sasaran terwujudnya generasi muda yang memiliki keterampilan sesuai Krida Saka Wira Kartika serta memiliki pengetahuan dan kesadaran dalam membela negara.

Adapun tema yang diusung adalah "Membentuk Pramuka Yang Berkarakter dan Berwawasan Kebangsaan Kodim 1616/Gianyar Berupaya Membentuk Anggota Pramuka Yang Memiliki Disiplin Tinggi dan Memiliki Pengetahuan serta Kemampuan Sebagai Pramuka Yang handal".

Makanan dan Minuman Ini Dipercaya Bisa Membuat Aroma Tubuh Jadi Harum

Panjang Umur Hingga Banyak Rejeki, Begini Peruntungan Lahir Sabtu Pon Ugu

14 Pedagang Minta Maaf ke Bupati, Kepala Pasar Gianyar Sebut Tak Ada Intimidasi

Perwira Seksi Teritorial Kapten Inf I Wayan Sudana selaku Ketua Harian Saka Wira Kartika menjelaskan, dalam ada latihan yang digelar dari pagi tersebut, peserta dibekali dengan materi 5 Krida.

"Krida Survival, Krida Pioneer, Krida Mountainering, Krida Navigasi Darat, dan Krida Penanggulangan Bencana Alam yang merupakan program pelatihan dari Saka Wira Kartika ditambah materi Wawasan Kebangsaan," terang Kapten Inf I Wayan Sudana melalui rilis yang diterima Tribun Bali.

Sementara itu, Dandim 1616/Gianyar Letkol Inf Frandi Siboro menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu program TNI AD melalui satuan jajarannya dalam rangka menyiapkan dan mencetak generasi penerus bangsa untuk menjadi generasi yang kuat, unggul dan memiliki wawasan kebangsaan.

"Pelatihan, pembinaan dan pengorganisasian melalui Pramuka Saka Wira Kartika, menjadi salah wadah untuk membentuk generasi muda yang unggul dan berkarakter," ungkap Dandim.

Pihaknya berharap generasi muda anggota Pramuka Saka Wira Kartika dapat memanfaatkan program pelatihan ini untuk pengembangan diri.

"Suatu saat nanti generasi ini bisa menjadi pemimpin yang bermental kuat, pemberani serta memiliki jiwa kesatria," pungkas dia. (*).

Penulis: Adrian Amurwonegoro
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved