Dua Hektare Sampah di TPA Bengkala Buleleng Terbakar

Tumpukan sampah seluas dua hektare di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, Bali, terbakar pada Sabtu (6/6/2020)

Dok Buleleng
Petugas Damkar berjibaku memadamkan api di TPA Bengkala, Buleleng, Bali, pada Sabtu (6/6/2020) malam. 

TRIBUN-BALI.COM, BULELENG - Tumpukan sampah seluas dua hektare di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bengkala, Kecamatan Kubutambahan, Buleleng, Bali, terbakar pada Sabtu (6/6/2020).

Kebakaran ini diduga terjadi akibat kemarau berkepanjangan.

Pengawas TPA Bengkala, Dewa Komang Nila Artawan dikonfirmasi, Minggu (7/6/2020), mengatakan TPA Bengkala terbakar sebanyak dua kali, yakni pada siang hari pukul 10.30 Wita, dan malam hari sekira pukul 22.35 Wita.

Akibat kejadian ini, dua unit mobil pemadam kebakaran dibantu dua mobil tangki dari Dinas Perkimta Buleleng dikerahkan untuk memadamkan api.

Artawan menyebut, kebakaran ini diduga terjadi akibat musim kemarau yang berkepanjangan.

Api kemudian mudah membesar, karena dipicu oleh gas metan yang terkandung di dalam tumpukan-tumpukan sampah tersebut.

“Ini bukan karena disengaja, tapi ini karena cuaca yang panas. Pada Sabtu siang kemarin, upaya pemadaman sudah dilakukan oleh empat unit mobil damkar. Namun saat malam hari api kembali muncul dan ditangani oleh empat mobil damkar juga. Sampai Minggu siang ini, masih ada asap yang mengepul, tapi tidak ada api,” terangnya.

Sebagai antisipasi ke depan, Artawan berharap =Pemkab Buleleng bisa menyiapkan TPA lain, mengingat volume sampah di TPA Bengkala sudah overload.

Sehingga pihaknya kesulitan untuk melakukan pengelolaan sampah.

Sementara Wakil Bupati Buleleng, Nyoman Sutjidra mengaku telah menginstruksikan Dinas Lingkungan Hidup Buleleng agar membuat selokan-selokan yang berfungsi sebagai sekat untuk meminimalisasi terbakarnya lahan TPA.

“Jadi sekat-sekat itu bisa memecah agar kebakaran tidak menyebar. sehingga bisa diminimalisasi dampaknya,” singkatnya.

(*)

Penulis: Ratu Ayu Astri Desiani
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved