Tambah Enam Kasus dalam Dua Hari, Tiga di Antaranya Tenaga Medis Perawat PMI

Enam kasus baru itu, tiga tenaga medis yang bertugas di hotel karantina PMI, satu calon pelaku perjalanan dalam negeri, dan dua pasien BRSUD Tabanan.

Pixabay
ilustrasi 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Selama dua hari, ada enam penambahan kasus positif Covid- 19 di Tabanan. Empat orang terkonfirmasi pada Sabtu (6/6/2020) dan dua pada Minggu (7/6/2020).

Sehingga, total pasien positif Covid- 19 yang dirawat saat ini 10 orang.

Penambahan kasus pasien positif ini merupakan transmisi lokal.

Data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid- 19 Tabanan menunjukkan, rincian enam kasus baru itu adalah tiga orang tenaga medis yang bertugas di hotel karantina PMI Tabanan di Denpasar, satu calon pelaku perjalanan dalam negeri yang hendak mengurus surat keterangan (Suket) sehat di RSTPN Unud.

Kemudian dua orang pasien yang dirawat di BRSUD Tabanan karena sakit lainnya.

Dua pasien terakhir diketahui dari rapid test saat hendak menjalani tindakan lanjutan seperti bedah.

"Ternyata setelah dirapid test hasilnya reaktif lalu diisolasi dan di-swab hasilnya positif juga. Mereka saat ini sudah menjalani perawatan," ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid- 19 Tabanan yang juga Kadis Kominfo, I Putu Dian Setiawan, Minggu (7/6/2020).

Keenam pasien dirawat di lima pelayanan kesehatan berbeda. Satu di Bapelkesmas Denpasar, lima di UPTD RS Nyitdah, Kediri, satu di RSPTN Udayana, satu di RSUP Sanglah, dan dua orang di BRSUD Tabanan.

"Iya transmisi lokal. Per hari ini (kemarin) jadi 10 orang pasien yang dirawat, karena dalam dua hari ada enam tambahan kasus," tambahnya.

Mengenai tracing kontak dan pelaksanaan rapid test bagi warga yang sempat kontak, Dian menyatakan, saat ini petugas sedang melakukan pendataan.

"Semua sudah dilakukan tracing dan masih dilakukan pendataan. Nantinya akan dilakukan rapid test hingga swab bagi yang reaktif," tandasnya.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Bambang Wiyono
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved