Corona di Bali

Masyarakat Mulai Abai Protokol Kesehatan, Transmisi Lokal Meluas di Klungkung

Masyarakat Mulai Abai Protokol Kesehatan, Transmisi Lokal Meluas di Klungkung

Tribun Bali/Eka Mita Suputra
Pelaksanaan rapid test di Terminal Galiran Klungkung, Sabtu (13/6). Meluasnya transmisi lokal di Klungkung juga dikarenakan masyarakat yang sudah mulai abai dengan protokol kesehatan. 

TRIBUN-BALI.COM, SEMARAPURA- Transmisi lokal covid-19 di Klungkung terus meluas. Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan, meluasnya transmisi lokal juga dikarenakan masyarakat yang mulai abai dengan protokol kesehatan.

" Massa pandemi ini sudah lama, dan mereka (masyarajat) menganggap ini hal yang biasa. Mereka tidak sadar, bahwa protokol kesehatan harus tetap dijalankan," ungkap Suwirta, Minggu (14/6).

Masyarakat pun dianggap sudah mulai jenuh dengan situasi seperti ini. Semisal di Monumen Puputan Klungkung setiap sore hari sudah biasa ada warga yang berkerumun. Padahal sebelumnya baik Gugus Tugas maupun Satgas sangat ketat mengawasi aktivitas warga. Bahkan beberapa desa di Klungkung, juga sudah mulai longgar dalam menerapkan protokol kesehatan.

" Jadi saya tekankan, bahwa gugus tugas dan satgas harus lebih aktif lagi. Koordinasi adat dan dinas harus terus terus dilakukan," ungkapnya.

Ia pun meminta satgas di desa untuk terus melalukan sosialsasi dan mengingatkan warganya. Hal itu tidak boleh berhenti dilakukan, sampai masyarakat sadar dan terbiasa untuk hidup sesuai dengan protokol kesehatan.

" Jaga jarak ini yang penting, walaupun berkumpul tapi harus tetap memperhatikan jaga jarak. Saya tekankan, gugus tugas, satgas, satgas gotong royong agar lebih aktif lagi mensosialisasikan protokol kesehatan, mengingatkan warga tidak boleh berhenti sampai masyarakat sadar, ” terangnya.

Sementara data perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Klungkung per Sabtu (13/6/2020) hingga pukul 18.00 wita, kasus positif 56 orang, dalam perawatan 31 orang, sembuh 25 orang. Ada tambahan dua kasus transmisi lokal baru, yakni di Desa Akah dan Lingkungan Besang.

Sementata dari total 53 desa/kelurahan di Klungkung, 22 diantaranya sudah terpapar covid-19. (Mit)

Penulis: Eka Mita Suputra
Editor: Aloisius H Manggol
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved