UMKM di Badung Dapat Modal Rp 2 Juta Jelang New Normal

Selain koperasi kami memang akan memberikan stimulus sebagai modal usaha awal pelaku usaha kecil di obyek wisata

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Badung akan mendapatkan stimulus dari Pemkab Badung. Pemberian stimulus ini sebagai modal menjelang diberlakukannya new normal.

UMKM yang dimaksud yakni pelaku usaha di tempat atau obyek-obyek wisata di Kabupaten Badung. Bahkan pemberian stimulus tersebut dilakukan Pemkab Badung melalui Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan.

Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Badung, Made Widiana mengatakan pihaknya tengah melakukan verifikasi terhadap usaha kecil di objek wisata yang akan mendapatkan bantuan stimulus usaha.

"Iya, selain koperasi kami memang akan memberikan stimulus sebagai modal usaha awal pelaku usaha kecil di obyek wisata," ujar Widiana, Rabu (17/6/2020).

Ia mengatakan akan memverifikasi sebanyak 938 pelaku usaha di Kabupaten Badung. Jumlah tersebut, sesuai dengan anggaran yang tengah ditetapkan pemerintah setempat.

"Tentunya dari 938 usaha kecil yang kami verifikasi belum tentu semuanya lolos, semuanya tergantung dari hasil verifikasi yang sudah kami lakukan sejak awal Mei lalu," ungkapnya.

Dana bantuan Penerima Bantuan Stimulus Usaha (PBSU) bersumber dari APBD Badung yang nominalnya sebesar Rp 1.880.000.000.

Dana tersebut akan diperuntukan kepada 938 Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang memiliki usaha di obyek wisata.

"Ini khusus untuk UMKM yang memiliki usaha di beberapa obyek wisata di Badung. Ini kami lakukan untuk persiapan new normal, sebagai modal usaha juga," paparnya.

Seperti bantuan stimulus lainnya, pemberian PBSU UMKM ini juga hanya boleh diterima oleh pengusaha kecil yang belum tersentuh bantuan.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: I Putu Darmendra
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved