Menkeu Sri Mulyani Prediksi Konsumsi Rumah Tangga di Kuartal II Tidak Bakal Tumbuh

Kami memperkirakan pada kuartal kedua, konsumsi rumah tangga yang tadinya bisa tumbuh sekitar 3% akan mengalami pelemahan lebih lanjut di kisaran 0%

monitor.co.id
Menkeu Sri Mulyani 

TRIBUN-BALI.COM, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan inflasi pada bulan Mei 2020 sebesar 0,07% secara bulanan (month-to-month/mtm), inflasi secara tahun kalender (year-to-date/ytd) sebesar 0,90%, dan inflasi secara tahunan (year-on-year/yoy) sebesar 2,19%.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, inflasi pada bulan Mei ini mengalami penurunan apabila dibandingkan dengan periode di tahun sebelumnya.

Kemenko Perekonomian: Pembukaan Sembilan Sektor Ekonomi Utamakan Aspek Kesehatan

Namun demikian, inflasi yang turun ini disebabkan karena daya beli masyarakat, terutama konsumsi rumah tangga mengalami penurunan yang cukup drastis.

Bahkan, ia memperkirakan pelemahan ini akan membuat tingkat konsumsi rumah tangga pada kuartal II-2020 tidak tumbuh.

"Kami memperkirakan pada kuartal kedua, konsumsi rumah tangga yang tadinya bisa tumbuh sekitar 3% akan mengalami pelemahan lebih lanjut di kisaran 0%," ujar Sri di dalam rapat dengan Badan Anggaran RI, Kamis (18/06/2020).

Sri melanjutkan, upaya pemerintah dalam mengembalikan inflasi pada kuartal selanjutnya akan menjadi salah satu bagian yang terpenting dalam skenario pemulihan ekonomi Indonesia tahun 2020 yang diharapkan momentumnya akan diakselerasi pada tahun 2021.

Kemudian, dikarenakan inflasi tidak menjadi salah satu ancaman pada saat ini, maka Sri berharap Bank Indonesia (BI) juga bisa memberikan kebijakan moneter yang lebih akomodatif.

Kemenkeu Sebut Perekonomian Indonesia Terancam Bergerak ke Skenario Sangat Berat

"Hari ini BI sudah menurunkan (suku bunga acuan) sebesar 25 basis poin dari angka 4,5%. Namun kita lihat inflasi kita masih di sekitar angka 2% bahkan di bawah 3%," kata Sri. (*)

Artikel ini telah tayang di kontan.co.id dengan judul, Sri Mulyani prediksi konsumsi rumah tangga di kuartal II tak akan bertumbuh, https://nasional.kontan.co.id/news/sri-mulyani-prediksi-konsumsi-rumah-tangga-di-kuartal-ii-tak-akan-bertumbuh

Editor: Kambali
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved