Pertamina Bukukan Laba Bersih Rp 35,8 Triliun Tahun 2019, Masuk Peringkat 175 ‘Global Fortune 500’

Tercatat dalam Laporan Keuangan Tahunan 2019, perolehan laba bersih perseroan sebesar US$ 2,53 miliar atau setara Rp 35,8 triliun.

pertamina 

TRIBUN-BALI.COM - PT Pertamina (Persero) menuntaskan tahun buku 2019 dengan kinerja keuangan perusahaan yang dapat dipertahankan sangat baik.

Tercatat dalam Laporan Keuangan Tahunan 2019, perolehan laba bersih perseroan sebesar US$ 2,53 miliar atau setara Rp 35,8 triliun.

“Dengan dinamika dan tantangan bisnis selama 2019, kami bersyukur Pertamina dapat menorehkan berbagai pencapaian dan mempertahankan laba bersih stabil, sama dengan tahun sebelumnya,”ujar Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication Pertamina selepas Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan yang dilaksanakan di Jakarta, Kamis (18/6/2020) .

Selain mengesahkan Laporan Keuangan Pertamina tahun buku 2019 yang telah disajikan secara wajar dalam semua hal yang material, Pemegang Saham juga memutuskan setoran dividen tunai sebesar Rp 8,5 triliun.

Sri Mulyani Sebut Defisit APBN Makin Meningkat, Bisa Jadi Beban Hingga 10 Tahun ke Depan

Oknum Mahasiswa Nekat Bunuh Terapis Wanita Panggilan Karena Kesal, Masalah Ini Jadi Penyebab

Kemenparekraf Sebut Daerah Tujuan Wisata Ini Paling Terdampak Pandemi Covid-19, Salah Satunya Bali

Dividen ini meningkat 7% dibandingkan setoran dividen tahun lalu yang sebesar Rp7,95 triliun.

Menurut Fajriyah, perekonomian sepanjang tahun 2019  masih mengalami tekanan sejalan dengan dinamika global.

Beberapa hal yang mempengaruhi kinerja sektor migas seperti nilai ICP yang masih cukup tinggi di level US$ 62 per barel dan kurs yang cenderung menguat di kisaran Rp 14.146.

 Dengan kondisi tersebut, total pendapatan usaha Pertamina tahun 2019 tercatat sebesar  US$ 54,58 miliar dengan aset US$ 67,08 miliar.

Pencapaian kinerja keuangan ini juga dipengaruhi oleh sejumlah pencapaian penting yang didukung oleh peningkatan kinerja operasi dan efisiensi dari berbagai inisiatif dan langkah terobosan yang dilakukan untuk mewujudkan pencapaian visi perusahaan menjadi perusahaan energi nasional kelas dunia.

Berdasarkan data pada Laporan Tahunan 2019, Pertamina konsisten untuk terus mewujudkan ketahanan energi nasional, dimulai dari survey seismik yang masif untuk menemukan cadangan migas baru yang diharapkan sebagai giant discovery bagi Indonesia.

Halaman
123
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved