175 Koperasi di Badung Dapat Bantuan Stimulus Usaha dari Provinsi Bali

Bantuan stimulus usaha kepada koperasi di Badung sudah diberikan oleh Pemerintah Provinsi Bali

Tribun Bali/I Komang Agus Aryantha
Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung, I Made Widiana. 

TRIBUN-BALI.COM, BADUNG - Bantuan stimulus usaha kepada koperasi di Badung sudah diberikan oleh Pemerintah Provinsi Bali.

Dari 499 koperasi yang ada di Badung, hanya 175 koperasi yang mendapatkan bantuan sebesar Rp 10 juta per koperasi.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Badung I Made Widiana, saat dikonfirmasi Minggu (21/5/2020).

"Di Badung ada 499 koperasi yang aktif, sampai saat ini totalnya ada sebanyak 175 yang sudah mendapatkan bantuan stimulus usaha dari provinsi," kata Made Widiana.

Ia mengaku, meski tidak semua mendapatkan bantuan, Pemkab Badung tidak bisa berbuat banyak lantaran tidak menganggarkan bantuan stimulus untuk yang tidak kebagian.

Ia menjelaskan pencairan bantuan tersebut sebenarnya dilakukan secara bertahap.

Pada tahap I lolos sebanyak 94 koperasi dan sudah dicairkan bantuannya, pada tahap II lolos 81 koperasi lagi, sehingga totalnya menjadi 175.

"Pada waktu verifikasi, selain ada yang tidak mengajukan berkas, ada juga koperasi yang mengajukan cuma tidak lolos lantaran tidak memiliki NPWP. Untuk itu, mereka dinyatakan tidak lolos verifikasi," terang mantan Camat Kuta Selatan itu.

Disinggung apakah Pemkab Badung akan membantu koperasi yang tidak mendapatkan bantuan stimulus usaha dari provinsi, Widiana menegaskan tidak.

"Sebetulnya provinsi sudah menganggarkan bantuan sebanyak koperasi yang aktif di Badung, yakni 499 koperasi. Namun lantaran masalah administrasi, sehingga tidak semua dapat bantuan. Karena dari awal sudah dianggarkan oleh provinsi, Badung tidak lagi menganggarkan," katanya.

Halaman
12
Penulis: I Komang Agus Aryanta
Editor: Irma Budiarti
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved