Bahaya Melayangan di Bawah Jaringan Listrik, PLN Tabanan Sebut 3 Kali Alami Gangguan Akibat Layangan

Sebab, ada banyak dampak, bahkan hingga tersengat listrik tegangan tinggi jika layangan menyangkut di jaringan tersebut.

Foto dokumentasi PLN Rayon Tabanan
Suasana saat sejumlah petugas melakukan penanganan terhadap layangan yang nyangkut di jaringan listrik di Kecamatan Kediri, Tabanan, Senin (22/6/2020) pagi. 

TRIBUN-BALI.COM, TABANAN - Sudah sebanyak tiga kali jaringan listrik di Kabupaten Tabanan mengalami gangguan selama bulan Juni 2020 ini.

Gangguan jaringan tersebut diakibatkan oleh layang-layang yang nyangkut di salah satu jaringan listrik milik Perusahaan Listrik Negara (PLN) ini.

Dengan kejadian tersebut, pihak PLN khususnya Rayon Tabanan mengimbau kepada masyarakat agar melakukan aktivitas "melayangan" jauh dari jaringan listrik.

Sebab, ada banyak dampak, bahkan hingga tersengat listrik tegangan tinggi jika layangan nyangkut di jaringan tersebut.

Berawal dari Pesta Pernikahan Hingga Berujung Maut, Ayah Kritis,Ibu & Adik Meninggal Akibat Covid-19

7 Tembakan Dilepas Anak Buah John Kei di Green Lake City Sebabkan Seorang Driver Ojol Terluka

Berikut 6 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan, Mulai Makan Makanan Sehat Hingga Kelola Stres

Manager PLN Rayon Tabanan, I Ketut Suradhipa menuturkan, setiap tahunnya memang ada musim bermain layangan karena juga didukung dengan cuaca cerah dan angin yang bagus.

Namun belakangan ini, masyarakat lebih banyak yang bermain layangan dibanding tahun-tahun sebelumnya kemungkinan karena kondisi pandemi ini lebih banyak masyarakat terutama anak sekolah yang bermain layangan.

"Akhir-akhir ini memang semakin banyak terjadi gangguan-gangguan. Bulan Juni saja sudah tiga kali terjadi gangguan akibat layangan yang nyangkut di salah satu jaringan," kata Suradhipa saat dihubungi, Senin (22/6/2020).

Menurutnya, untuk di Kabupaten Tabanan memang kasus gangguan cenderung lebih sedikit dibandingkan daerah lainnya yakni Denpasar dan Badung karena lebih padat dan lebih luas.

Sebab, di Tabanan sendiri masih banyak tersedia tanah lapang yang tentunya berada jauh dengan jaringan listrik.

Meskipun begitu, kata dia, PLN Rayon Tabanan melalui pelayanan teknis selalu inspeksi keliling sesuai jaringannya setiap hari.

Halaman
12
Penulis: I Made Prasetia Aryawan
Editor: Wema Satya Dinata
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved