Corona di Bali

Polda Bali Dalami Dugaan Kebocoran Data Covid-19 di Bali

Polda Bali akan mengusut dugaan kebocoran data pasien Covid-19 yang sempat viral di media sosial

Gambar oleh B_A dari Pixabay
Ilustrasi hacker 

TRIBUN-BALI.COM, DENPASAR- Polda Bali akan mengusut dugaan kebocoran data pasien Covid-19 yang sempat viral di media sosial beberapa hari terakhir.

Saat ini, Polda Bali sedang membahas hal ini sebelum ditindaklanjuti

"Kami masih bahas," kata Kasubdit V Cyber Crime Direktorat Kriminal Khusus Polda Bali, AKBP Gusti Ayu Putu Ayu Suinaci saat dihuhungi Senin (22/6/2020) 

Adanya didugaan kebocoran data pasien Covid-19 di Indonesia yang diduga bersumber dari Bali ini berawal dari cuitan akun twitter Teguh Aprianto @secgron. 

Status medsosnya itu membuat heboh jagat maya. Dalam status itu, Teguh menyebutkan sumber kebocoran data berasal dari pemerintah provinsi Bali atau Rumas Sakit di Bali. 

Ramalan Zodiak 23 Juni 2020, Kesuksesan Akan Jadi Milik Aries, Virgo Jangan Mengeluh

Jelang Pilkada Badung 2020, Belum Terlihat Calon Lawan Petahana

Harga Mobil Baru Diskon Hingga Rp 100 Juta, Bagaimana Nasib Penjualan Mobil Bekas?

Dalam cuitan itu, Teguh menulis sebuah status yang berbunyi “230 ribu data screening COVID-19 Indonesia yang bocor dijual hanya seharga 200 USD atau 2.8 juta rupiah. Berdasarkan pemeriksaan yang saya lakukan, data tersebut kemungkinan didapatkan dari Pemprov atau RS di Bali, jadi bukan seluruh Indonesia. cc : @gendovara,” tulis akun tersebut. 

Akun tersebut menyebut telah terjadi penjualan data yang bocor dengan harga Rp 2,8 juta.

Selain itu dia menyebut sumber kebocoran data tersebut berasal dari Pemerintah Provinsi Bali atau Rumah Sakit yang ada di Bali

Akun Teguh Aprianto itu juga mengunggah sebuah gambar yang memperlihatkan bahwa akun bernama Data Shoping mengunggah  dalam sebuah situs bahwa dia memiliki data Data Base pasien Covid-19 di Indonesia dalam bentuk My-SQL. 

Dimana My SQL sendiri merupakan sebuah manajemen basis data yang sangat populer dan banyak digunakan termasuk di Indonesia. 

Dalam Spoiler Data Shoping, tampilkan data My-SQL pasien yang berasal dari Bali, termasuk nama beberapa desa yang menjadi alamat cocok dengan nama daerah di Bali

Untuk diketahui, pemilik akun @secgron ini memang cukup terkenal di kalangan anak muda baik di Bali maupun di Jakarta.

Pria yang tinggal di Depok itu sempat berhasil mengembalikan akun instagram sejumlah pihak yang menjadi korban hacker dari orang yang tidak bertanggungjawab.(*).

Penulis: I Wayan Erwin Widyaswara
Editor: Putu Dewi Adi Damayanthi
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved