Cegah Transmisi Covid-19 Meluas, Satgas Tutup Sejumlah Ruangan RSU Ganesha

Tenaga kesehatannya yang terpapar Covid-19 sebanyak 16 orang, dengan tujuh orang saat ini telah dinyatakan sembuh.

Pixabay
Ilustrasi Corona 

TRIBUN-BALI.COM, GIANYAR - Satgas Covid-19 Gianyar menutup sejumlah ruangan RSU Ganesha. Hal ini menyusul penyebaran Covid-19 melalui transmisi lokal di rumah sakit swasta yang berlamat di Jalan Raya Celuk, Sukawati tersebut.

Terbaru, seorang perawat beriniasil NWWJ (35) yang bertugas di Puskesmas Denpasar Utara I dinyatakan positif Covid-19, Senin (22/6/2020).

Ia terpapar virus corona di RSU Ganesha saat menemani ibunya menjalani perawatan di rumah sakit tersebut.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Gianyar, Made Gede Wisnu Wijaya mengatakan, perawat asal Sukawati itu menemani ibunya yang diopname di RS Ganesha selama delapan hari. Pada 14 Juni ia mengalami gejala demam dan batuk.

Sehari setelahnya yang bersangkutan bersama tim Dinas Kota Denpasar melaksanakan swab massal bagi pedagang di Pasar Kumbasari. Pada 10 Juni, ia melakukan tes rapid dengan hasil reaktif.

"Selanjutnya dia dilakukan tes swab di tempat kerjanya dan dikarantina di Hotel Cokro. Tanggal 22 Juni hasilnya keluar positif Covid-19, lalu esoknya yang bersangkutan sudah dipindahkan ke Ibis Hotel Kuta,” beber Wisnu, Rabu (24/6).

Dugaan awal, perawat tersebut tertapapar virus di RSU Ganesha. Sebab, hingga saat ini tenaga kesehatan di rumah sakit swasta tersebut banyak yang dinyatakan positif Covid-19. Total tenaga kesehatan positif di RSU Ganesha, kata dia, sebanyak 18 orang.

“29 Mei dilaporkan terdapat dua dokter di RSU Ganesha yang positif Covid-19, selanjutnya terjadi transmisi pada 14 perawat, seorang bidan dan seorang petugas kebersihan sampai dengan 23 Juni,” ujarnya.

Terkait kondisi tersebut, Wisnu mengatakan pihaknya telah melakukan pengawasan ketat dan menutup sejumlah ruangan di RSU Ganesha selama 14 hari. Penutupan sudah dilakukan sejak sepekan lalu.

“Hal ini sudah kami lakukan sejak delapan hari lalu. Selanjutnya melakukan sterilisasi seluruh ruangan di Ganesha. Saat ini IGD, VK, rawat inap lantai dua dan poli jantung ditutup,” ujarnya Wisnu.

Halaman
12
Penulis: I Wayan Eri Gunarta
Editor: I Putu Darmendra
Sumber: Tribun Bali
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved